Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

162. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pokok Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel


ABSTRAK



Pada proses belajar mengajar, sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Di SMP N 1 Mejobo Kudus, masih banyak siswa kelas VII yang mengalami kesulitan dalam matematika terutama pada materi pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata yang dicapai kelas VII pada pokok bahasan tersebut pada tahun pelajaran 2004/2005 dan 2005/2006 berturut-turut 5,5 dan 5,85. Atas pertimbangan di atas, maka diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD yang mana dapat memberikan suasana yang lain dalam kelas sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah melalui implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP N 1 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi. Observasi, refleksi, dan tujuan penelitian tindakan ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa diambil dari data hasil tes Siklus 1 dan Siklus 2. Sedangkan data pada proses pembelajaran guru dan keaktifan siswa diambil dari lembar observasi pengamatan pembelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika 85% dari jumlah siswa mendapat nilai minimal 60 dan keaktifan pembelajaran siswa dalam kelas baik dengan skor rata-rata 2,5 < skor aktif < 3,25.

Hasil penelitian pada siklus 1 dan siklus 2 diperoleh jumlah siswa yang mendapat nilai minimal 60 pada aspek pemahaman konsep 87,5% pada siklus 1 dan 92% pada siklus 2, aspek penalaran konsep 82,5% pada siklus 1 dan 87% pada siklus 2, aspek pemecahan masalah 80% pada siklus 1 dan 87% pada siklus 2. Sedangkan hasil observasi keaktifan siswa dengan rata-rata skor pada siklus 1 2,29 dan pada siklus 2 diperoleh 2,98. Hasil pengamatan kooperatif untuk guru pada siklus 1 skor rata-rata 2,5 dan 3,0 pada siklus 2.

Simpulan dalam penelitian ini bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP N 1 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD perlu dilaksanakan oleh guru SMP N 1 Mejobo Kudus untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi