Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

163. Persepsi Dan Ekspektansi Terhadap Profesi Psikologi


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan zaman yang semakin pesat menuntut perubahan di berbagai bidang, dari ilmu pengetahuan, teknologi, hukum hingga sistem komunikasi. Informasi dari satu tempat ke tempat lain bergerak dengan cepat dan arusnya pun sulit bahkan tidak bisa untuk dibendung. Banjirnya informasi melanda berbagai hal dalam kehidupan, sehingga menggoyahkan tata nilai masyarakat terutama masyarakat yang sedang berkembang.

Hal ini menjadikan permasalahan hidup semakin kompleks, baik yang menyangkut hubungan dengan orang lain ataupun yang terjadi pada diri individu itu sendiri, seperti stress kerja, konflik rumah tangga, masalah anak dan lain-lain. Banjirnya informasi yang didapat dari media komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung dapat juga menggoyahkan tata nilai dalam masyarakat. Menurut Soetarlinah Soekadji dalam kondisi semacam inilah, iklim untuk mengembangkan profesi “membantu”, seperti psikologi menjadi relevan (ISPI, 1993:11).

Pelayanan jasa dan praktik psikologi sebagai upaya membantu mereka yang bermasalah, baik karena mengalami gangguan emosional yang berdampak pada aspek-aspek kehidupannya yang lain maupun dalam rangka mereka merencanakan masa depan, tampak meningkat juga kebutuhannya. Menurut Chaplin (1999:398) dalam Kamus Lengkap Psikologi disebutkan bahwa psikologi sebagai ilmu pengetahuan adalah ilmu pengetahuan mengenai tingkah laku manusia dan binatang, studi mengenai organisme dalam segala variasi dan kompleksitasnya, untuk mereaksi terhadap perubahan yang terus menerus dan aliran dari kejadian-kejadian fisik atau ragawi dan peristiwa-peristiwa yang menyusun lingkungannya. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang merupakan manifestasi dari kondisi kejiwaannya. Psikologi makin memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat modern. Sekarang hampir separuh dari anggota Asosiasi Psikolog Amerika (APA) bekerja di dunia usaha, industri, klinik, rumah sakit, sekolah lembaga layanan mayarakat, lembaga “perbaikan”, pusat rehabilitasi atau pada pemerintahan (ISPI, 1993:13 ). Psikologi dapat digunakan di berbagai bidang, yaitu bidang pendidikan, industri dan organisasi, sosial, klinis dan perkembangan.

Dalam bidang pendidikan, psikologi digunakan untuk membantu siswa dalam peningkatan prestasi belajar. Bidang industri dan organisasi, jasa psikologi dapat digunakan dalam seleksi karyawan baru, pelatihan dan bidang personalia. Psikologi juga digunakan dalam bidang klinis yaitu untuk mengidentifikasikan dan menyembuhkan atau mengobati penyakit-penyakit tingkah laku (behavioral disorders), aplikasi tehnik-tehnik diagnostik dan terapeutis. Bidang sosial, digunakan untuk mengatasi masalah-masalah sosial seperti pelacuran, perkelahian (tawuran). Untuk bidang perkembangan dapat
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi