Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

18. Pengaruh Komunikasi Intern Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Kerja Guru Dan Karyawan SMP Negeri 1 Suruh Kabupaten Semarang


ABSTRAK



Efektivitas dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab akan sangat berpengaruh dalam pencapaian tujuan. Efektivitas merupakan suatu dasar pembentukan dan penyelenggaraan organisasi sekolah, oleh karena itu eksistensi dan pertumbuhan organisasi sekolah akan lebih terjamin apabila organisasi tersebut dapat mencapai efektivitas kerja para personel yang ada didalamnya. Untuk mencapai efektivitas kerja guru dan karyawan akan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah Komunikasi intern dan Kepemimpinan kepala sekolah. Komunikasi merupakan sarana yang diperlukan guna untuk mengkoordinasikan dan mengarahkan kegiatan pegawai ketujuan dan asaran organisasi. Peningkatan kualitas pendidikan dalam suatu organisasi sekolah juga dipengaruhi oleh kualitas kepemimpinan kepala sekolah.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh komunikasi intern terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan? 2) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan? 3) Seberapa besar pengaruh komunikasi intern dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan? Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui ada dan besarnya pengaruh komunikasi intern terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan. 2) Untuk mengetahui ada dan besarnya pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan. 3).Untuk mengetahui ada dan besarnya pengaruh komunikasi intern dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru dan karyawan yang ada di SMP Negeri 1 Suruh kabupaten Semarang yang berjumlah 40 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari komunikasi intern (x1) dan kepemimpinan kepala sekolah (x2) sebagai variabel bebas dan efektivitas kerja guru dan karyawan sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah program statistic SPSS.

Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi intern yang terdiri dari komunikasi ketas, komunikasi kebawah, komunikasi horizontal serta kepemimpinan kepala sekolah yang terdiri dari kepala sekolah sebagai pemimpin, kepala sekolah sebagai penanggung jawab, kepala sekolah sebagai supervisi. Efektivitas terdiri dari kemampuan menyesuaikan diri, kepuasan kerja serta prestasi kerja di SMP Negeri 1 Suruh Kabupaten Semarang menunjukan hubungan yang cukup erat. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresiY= 5,212 + 0,314Xˆ1 + 0,266X2. Uji secara simultan diperoleh F hitung = 40.578 dengan harga signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian menunjukkan terdapat pengaruh positif antara Komunikasi intern dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan dengan besarnya pengaruh tersebut adalah 68,7%. Uji pengaruh secara parsial menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas Komunikasi intern dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap Efektivitas kerja dengan besarnya pengaruh masing-masing adalah 32,61% Untuk Komunikasi intern dan 25,62% untuk kepemimpinan kepala sekolah.

Mengacu dari hasil penelitian maka diajukan beberapa saran yaitu : 1.Kepala sekolah sebelum memberikan tugas/pekerjaan kepada guru dan karyawan kepala sekolah memberikan petunjuk, cara dan penyelesaian tugas/pekerjaan secara jelas agar guru dan karyawan lebih jelas dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. 2. Kepala sekolah lebih mengkoordinasi dan menampung semua gagasan dan ide yang disampaikan oleh guru dan karyawan. Guru dan karyawan hendaknya selalu menyampaikan saran,ide atau masukan kepada kepala sekolah demi kemajuan sekolah.3.Kepala sekolah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas/pekerjaan guru dan karyawan agar guru dan karyawan merasa diperhatikan dan diawasi sehingga lebih efektif dalam bekerja.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi