Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

185. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Kompetensi Dasar Operasi Bentuk Aljabar Dalam Kegiatan Ekonomi


ABSTRAK



Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi fakta masih banyak peserta didik kelas VII di SMP Negeri 26 Semarang yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal cerita dalam mata pelajaran matematika,sehingga hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Menurut Indrati penerapan langkahlangkah Polya pada pembelajaran materi soal cerita sangat membantu dan memudahkan peserta didik dalam penyelesaiannya.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode pemecahan masalah ( langkah Polya ) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada kompetensi dasar operasi bentuk aljabar dalam kegiatan ekonomi ?

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada kompetensi dasar menggunakan operasi bentuk aljabar dalam kegiatan ekonomi dengan meggunakan langkah-langkah Polya. Menurut Polya solusi soal pemecahan masalah memuat empat langkah fase penyelesaian, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan. Penelitian ini ditempuh dengan menggunakan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Ketiga siklus dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah Polya. Pemberian tes tiap siklus, dilakukan setelah selesai siklus tindakan dan setelah selesai seluruh siklus tindakan. Dari pembahasan pada siklus I ketuntasan klasikal 57,5 % dan siklus II ketuntasan klasikal 77,5% hasilnya kurang memuaskan karena suatu kelas dikatakan tuntas beajar bila telah terdapat 85 % peserta didik yang telah mencapai daya serap 65 % dan baru pada siklus III tercapai ketuntasan klasikal 87 % hasilnya diatas standar minimal ketuntasan.

Simpulan langkah-langkah Polya dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada operasi bentuk aljabar dalam kegiatan ekonomi peserta didik kelas VII SMP Negeri 26 Semarang. Saran peneliti adalah guru sebaiknya menerapkan langkah-langkah Polya pada setiap pembelajaran soal cerita dan memberikan lebih banyak variasi soal cerita.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi