Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

21. Pengaruh Metode Resitasi Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa


ABSTRAK



Anggapan pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang cukup sulit dan tidak menarik bagi siswa akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu, dalam pelaksanaan proses belajar mengajar diperlukan langkah-langkah sistemativ yaitu salah satunya dengan strategi pembelajaran yang tepat yang akan digunakan guru untuk mengajar. Model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika dan sekaligus dapat meningkatkan keaktifan siswa serta memberikan iklim yang kondusif dalam perkembangan daya nalar dan kreativitas siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal di atas adalah dengan penggunaan strategi pembelajaran Resitasi oleh siswa.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan metode Resitasi dengan menggunakan LKS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa pada pokok bahasan himpunan siswa SMP 13 Semarang kelas VII semester 2?

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan pembelajaran dengan metode Resitasi terhadap hasil belajar matematika dibanding dengan menggunakan pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan awal siswa pada pokok bahasan himpunan siswa SMP 13 Semarang kelas VII semester 2.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 SMP Negeri 13 Semarang tahun pelajaran 2006/2007 yang terdiri dari 7 kelas. Dengan menggunakan cluster random sampling diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII E dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VII G kemudian kelas VII F sebagai kelas ujicoba instrumen. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajarn dengan metode Resitasi, sedang pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran ekspositori. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode dokumen dan tes.

Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji t diperoleh t hitung = 2,04 sedangkan nilai t tabel = 1,989 oleh karena t hitung >t tabel H0 ditolak dan H a diterima. Aktivitas siswa selama pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan. Perubahan sikap siswa terhadap pembelajaran dengan metode Resitasi oleh siswa membaik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen lebih memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dibanding dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi