Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

24. Kegiatan Kepramukaan Sebagai Sarana Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal


SARI

Kedisiplinan merupakan hal penting dalam suatu kegiatan. Seseorang tidak dapat menyelesaikan suatu kegiatan dengan hasil optimal tanpa sikap disiplin. Disiplin adalah suatu sikap yang mengharuskan seseorang untuk bertanggung jawab atas perbuatannya, patuh atas keputusan dan perintah, serta ketepatan dalam menghargai waktu. Disiplin dalam suatu sekolah sangat diperlukan untuk menciptakan keteraturan dan ketertiban. Oleh karena, itu dibentuklah tata tertib sekolah. Namun akhir-akhir ini tata tertib mulai menurun fungsimya. Hal ini disebabkan, disiplin yang terbentuk adalah disiplin yang terpaksa, bukan karena kesadaran namun karena takut pada hukuman. Oleh karena itu sekolah perlu menumbuhkan sikap disiplin di kalangan siswanya. Kesadaran menegakkan disiplin dapat dilatih dengan kegiatan-kegiatan positif yang diadakan sekolah melalui ekstrakurikuler. Salah satunya adalah kegiatan pramuka. Dari kegiatan pramuka inilah siswa akan dibiasakan untuk berlaku disiplin di setiap kegiatan yang diadakan. Antara kegiatan pramuka dan kedisiplinan memiliki hubungan yang erat.

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah apakah ada hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan pramuka dengan tingkat kedisipinan siswa SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Oleh karena, itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka dengan tingkat kedisiplinan siswa SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif.

Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal tahum 2005/2006 yang menjadi anggota pramuka atau yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka sejumlah 145 orang. Sampel diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Dengan mengacu pada Nomogram Harry King, besarnya prosentase yang diambil adalah sebesar 65% dari populasi. Sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 94 orang.. Data mengenai variabel kuantitatif yaitu mengikuti kegiatan pramuka dan tingkat kedisiplinan dikumpulkan melalui metode angket dan dokumentasi. Metode analisis data digunakan analisis statistik, karena data yang diperoleh berupa angka-angka dan bersifat kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment.

Dari hasil penelitian sebanyak 94 responden menunjukkan tingkat aktivitas kepramukaan siswa SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal tergolong sangat tinggi dengan prosentase 73,40% atau 69 orang dan pada kategori tinggi prosentasenya 26,60% atau sebanyak 25 orang. Sedangkan tingkat kedisiplinan siswa SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal tergolong sangat tinggi dengan prosentase 77,66% atau sebanyak 73 orang dan pada kategori tinggi prosentasenya 22,34 % atau sebanyak 21 orang.

Uji analisis data dengan korelasi product moment menghasilkan r hitung sebesar 0,5492. Harga r hitung lebih besar dari pada r tabel pada taraf signifikan 5 % N= 94 sebesar 0,202. Sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Berdasarkan uji analisis data di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan yang bersifat positif antara keaktifan mengikuti kegiatan pramuka dengan tingkat kedisiplinan siswa SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal.

Karena belajar memerlukan disiplin, kepada para siswa disarankan untuk menumbuhkan disiplin melalui kegiatan pramuka, sehingga para siswa dapat mempertahankankan dan meningkatkan prestasi belajarnya. Kepada seluruh pihak yang berkecimpung dalam kepramukaan agar dapat menciptakan kegiatan yang lebih variatif sehingga tidak menimbulkan kebosanan dalam berkegiatan dan orang lain dapat mengambil manfaat dari kegiatan yang diciptakan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi