Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

24. Survei Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Basket Di SMAN 6 Semarang


SARI


Permasalahan dari skripsi ini yaitu: faktor-faktor apa yang mempengaruhi motivasi siswa SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket” .

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler bola basket SMAN 6 Semarang tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling atau seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMAN 6 Semarang sebanyak 64 siswa. Pengumpulan datanya dengan menggunakan sistem angket. Angket terdiri dari 36 butir pertanyaan dengan menggunakan uji validitas angket. Dalam penelitian ini teknik untuk menyatakan validitas angket yaitu instrumen dinyatakan valid jika telah diujicobakan dan memenuhi kriteria valid. Reliabel instrumen diuji menggunakan rumus korelasi alpha yang hasilnya adalah 11 r = 0, 893 > tabel r = 0,367 dengan N= 30, α = 5% yang berarti reliabilitasnya tinggi.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari ketiga komponen tersebut motivasi terkuat adalah komponen motif-motif objektif sebesar 82,23 %, secara berurutan disusul oleh komponen motif-motif darurat sebesar 81,08 %, dan berikutnya komponen kebutuhan-kebutuhan organik 80,30 %. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa motivasi siswa yang mengikuti kegiatan bola basket SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 adalah tinggi dengan presentase skor total 74,65%.

Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya motivasi dari guru untuk menumbuhkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga bola basket agar peserta ekstrakurikuler mempunyai kemauan yang tinggi untuk berlatih, dan yang kedua perlu adanya motivasi dari pihak sekolah untuk menumbuhkan motivasi dan bakat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler yaitu berupa sarana dan prasarana.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi