Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

32. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Bidayah Candi Kecamatan Bandunga


SARI



Keterampilan menulis merupkan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dimiliki oleh para siswa yang sedang belajar mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Semakin tinggi tingkat kelas semakin meningkat dan berkembang kemahiran dalam menulisnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang masih relatif rendah. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari siswa, sedangkan faktor eksternal berasal dari bahan ajar yang digunakan guru kurang tepat sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran, Oleh sebab itu, penelitian ini berusaha untuk mencari solusi terhadap masalah di atas melalui pengajaran menulis dengan menggunakan media gambar. Dengan pengajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan media gambar ini digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.

Penelitian ini berusaha mengkaji masalah mengenai (1) Bagaimanakah peningkatan keterampilan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2006/2007 dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi setelah diberi pembelajaran menulis dengan media gambar?, dan (2) Bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas V Madarash Ibtidaiyah Al Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2006/2007 dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi setelah diberi pembelajaran menulis dengan media gambar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dan perubahan tingkah laku siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang setelah diberi pembelajaran menulis menggunakan media gambar. Adapun manfaat penelitian ini adalah dapat menambah khasanah keilmuan bahasa, kepentingan pengajaran bahasa Indonesia, khususnya pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Selain itu, penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru, bagi siswa, bagi penulis sendiri, dan bagi penelitian.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas V Madarash Ibtidaiyah Al Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang yang berjumlah 28 siswa yang terdiri atas 11 siswa putra dan 17 siswa putri. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dan variabel penggunaan media gambar. Pengumpulan data pada tahap prsiklus menggunakan teknik tes, sedangkan pengumpulan data pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan adalah tes esai perintah menulis paragraf deskripsi, sedangkan instrumen nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media gambar rata-rata klasikal siswa kelas V Madarash Ibtidaiyah Al Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang dari nilai prasiklus, siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh hasil bahwa secara individu masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai dibawah standar yang ditentukan, yaitu 80,00. Nilai rata-rata klasikal menulis paragraf deskripsi pada prasiklus sebesar 64,38 mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 9,41dengan rata-rata sebesar 73,48 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,31 dengan rata-rata sebesar 80,79. Jadi, peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa dari prasiklus sampai siklus II sebesar 16,41. Peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa juga diikuti dengan perubahan tingkah laku negatif menjadi tingkah laku positif. Pada siklus II siswa terlihat senang dan menikmati pembelajaran, mereka semakin aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Dari hasil penelitian keterampilan menulis paragraf deskripsi di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas V Madarash Ibtidaiyah Al Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang mengalami peningkatan setelah mengikuti proses pembelajaran dengan media gambar dan tingkah laku siswa mengalami perubahan dari tingkah laku negatif menjadi tingkah laku positif. Adapun saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini ialah agar guru Bahasa Indonesia hendaknya menggunakan media gambar pada pembelajaran keterampilan menulis karena dengan pembelajaran ini terbukti dapat mendrong siswa aktif dan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis. Bagi siswa hendaknya mengikuti kegiatan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan semangat dan berperilaku positif sehingga siswa dapat mengekspresikan gagasan dengan acuan gambar dalam bentuk paragraf deskripsi dengan tepat. Dan bagi peneliti dapat melakukan penelitian serupa dengan media pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif media pembelajaran menulis.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi