Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

33. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Jambewangi Secang Tahun Pelajaran 20042005 Melalui Penggunaan Pias-Pias (Chart)


ABSTRAK



Sangatlah penting pengajaran matematika di Sekolah Dasar karena merupakan dasar untuk mempelajari matematika di jenjang berikutnya. Bagi siswa kelas V Sekolah dasar Negeri Jambewangi Secang, materi yang dirasakan sulit dipahami adalah tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal. Hal ini dapat ditunjukkan hasil belajar yang dicapai masih rendah.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penggunaan alat peraga pias-pias (chart) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan pias-pias (chart) dalam pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal pada kelas V SD N Jambewangi Secang Magelang.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jambewangi Secang Magelang yang memiliki 25 siswa. SDN Jambewang terletak di perbatasan Kabupaten Magelang dengan Kota Magelang sebelah komplek YON ARMED 3. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jambewangi Secang Magelang tahun pelajaran 2004/2005 berjumlah 25 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 2 Pebruari 2005, siklus II dilaksanakan pada tanggal 7 Pebruari 2005, sedangkan siklus III dilaksanakan pada tanggal 14 Pebruari 2005.

adapun data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari hasil tugas, hasil prestasi belajar dan hasil observasi kegiatan belajar. Hasil penelitian siklus I yang mendapatkan nilai kurang dari 6,5 ada 7 siswa, dengan rata-rata kelas 7,2. kemudian dilanjutkan siklus II yang memperoleh nilai kurang dari 6,5 ada 11 siswa dengan rata-rata kelas 7,5, dilanjutkan siklus III ini nilai rata-rata kelas memperoleh nilai 8,5.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran dengan mengunakan alat peraga pias-pias (chart) pada penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal dapat ditingkatkan bahkan alat peraga pias-pias ini dapat dikembangkan pada pokok bahasan yang lain dengan materi yang sesuai dengan pembelajaran pias-pias.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi