Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

33. Persepsi Siswa Smp Dan Sma Tentang Profil Mahasiswa Ppl Jurusan Biologi Unnes Yang Ideal Di Kota Semarang


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Universitas Negeri Semarang (Unnes) merupakan lembaga pendidikan tinggi yang salah satu misi utamanya menyiapkan tenaga kependidikan yang terdiri dari tenaga pembimbing, tenaga pengajar, tenaga pelatih, dan tenaga kependidikan lainnya. Menurut Keputusan Rektor Unnes nomor : 10/O/2003 tentang pedoman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa program kependidikan Unnes pasal 2 ayat (7), untuk memperoleh kompetensi sebagai tenaga kependidikan para mahasiswa calon tenaga kependidikan wajib mengikuti proses pembentukan kompetensi melalui kegiatan PPL.

Selama pelaksanaan tugas dan kegiatan PPL di sekolah latihan, mahasiswa praktikan akan berinteraksi dan berkomunikasi dengan guru, siswa, dan masyarakat sekolah. Siswa, menurut Surakhmad (1984: 138), merupakan salah satu unsur pokok dalam interaksi antara guru dengan siswa sehingga tindakan-tindakan guru harus berorientasi pada kemampuan dan kebutuhan siswa. Oleh karena itu sudah sepatutnya apabila efisiensi pembelajaran seorang guru tidak hanya ditinjau dari sudut guru itu sendiri, tetapi juga dari sudut kepentingan siswa.

Berkaitan dengan penilaian siswa terhadap guru, Frand W. Hart dalam Nasution (1993: 19-20) pernah melaksanakan penelitian terhadap 3725 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Dari penelitian tersebut diperoleh hasil mengenai sifat-sifat guru yang paling disukai siswa yaitu :
a. suka membantu dalam pekerjaan sekolah
b. menerangkan pelajaran dan tugas dengan jelas serta mendalam
c. berpenampilan riang, gembira, mempunyai perasaan humor
d. bersikap sahabat, merasa seorang anggota dalam kelompok kelas
e. berusaha agar pekerjaan sekolah menarik, membangkitkan keinginan bekerja
f. bersikap tegas, sanggup menguasai kelas, membangkitkan rasa hormat
g. tidak pilih kasih, tidak mempunyai anak kesayangan
h. betul-betul mengajarkan sesuatu yang berharga kepada murid
i. mempunyai pribadi yang menyenangkan.
Sifat-sifat guru yang paling tidak disukai oleh siswa adalah :
a. terlampau sering marah, tidak pernah senyum, sering mencela dan mengecam
b. tidak suka membantu murid melakukan pekerjaan sekolah, tidak jelas dalam menerangkan pelajaran dan tugas, dan tidak membuat persiapan
c. pilih kasih, menekan murid-murid tertentu, tidak adil memberi angka dalam ulangan dan ujian
d. bersifat tinggi hati, sombong, tidak mengenal murid
e. tidak menaruh perhatian kepada murid dan tidak memahami murid
f. tidak sanggup menjaga disiplin di dalam kelas, tidak dapat mengontrol kelas dan tidak menimbulkan rasa hormat untuk dirinya.

Dari hasil wawancara terhadap siswa SMP dan SMA tempat PPL di Kota Semarang diperoleh tiga kelompok mahasiswa praktikan, yaitu :
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi