Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

35. Analisis Soal-Soal Biologi Kelas Vii Smp Semester Gasal Pada Buku Pegangan Guru Se- Kabupaten Pati


ABSTRAK



Peningkatan sistem evaluasi sangat diperlukan dalam bidang pendidikan maka diperlukan alat evaluasi yang berkualitas. Salah satu alat evaluasi yang digunakan dalam KBM yaitu tes. Pada semua buku pegangan guru pasti terdapat soal-soal untuk alat evaluasi hasil belajar. Di Kabuapten Pati semua guru Biologi kelas VII SMP menggunakan buku karangan Istamr Syamsuri dkk, dan soal-soal dalam buku tersebut belum diketahui secara pasti apakah sudah dianalisis atau belum, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal-soal biologi pada buku tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode tes dan dokumentasi, soal yang dianalisis sejumlah 60. Populasi penelitian untuk validitas dan reliabilitas digunakan seluruh populasi berjumlah 230 sedangkan untuk daya beda, tingkat kesukaran dan efektifitas distraktor soal digunakan 126 populasi karena menggunakan rumus 27%.Variabel penelitian meliputi validias, reliabilitas, daya beda soal, tingkat kesukaran soal, penyebaran soal dan efektifitas distraktor. Validitas soal dihitung dengan rumus korelasi biserial, reliabilitas dengan rumus KR-21, daya beda soal dengan rumus proporsi peserta kelompok atas yang menjawab benar dikurangi proporsi peserta kelompok bawah yang menjawab benar, tingkat kesukaran soal dengan menggunakan rumus jumlah siswa yang menjawab benar dibagi jumlah seluruh siswa, penyebaran soal dengan menggolongkan tiap soal menurut tingkatannya dan efektifitas distraktor dengan rumus 5 % seluruh pengikut tes.

Hasil analisis soal ditabulasi dan didiskripsikan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan kriteria soal ternyata 13 soal (22%) validitasnya cukup, 32 soal (53%) validitasnya rendah dan 15 soal (25%) tidak valid. Soal tergolong reliabel r11= 0,78. Berdasarkan daya pembeda soal dihasilkan 21 soal (34%) daya bedanya baik, 24 soal (40%) daya bedanya cukup, 15 soal (25%) daya bedanya jelek. Analisis kesukaran soal tergolong soal mudah 12 soal (20%), sedang 44 soal (73%), dan sukar 4 soal (7%). Penyebaran soal belum merata masih didominasi oleh jenjang C1 dan C2. 54 soal (90%) distraktornya efektif dan 6 soal (10%) distraktornya tidak efektif.

Simpulan pada penelitian ini adalah soal-soal Biologi kelas VII SMP semester gasal pada buku pegangan guru se-Kabupaten Pati belum valid, sudah reliabel, daya beda soal cukup, tingkat kesukaran sedang, penyebaran soal belum merata dan efektifitas distraktor sudah efektif.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi