Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

38. Pembelajaran Prinsip Hereditas Dengan Menggunakan Cd Pembelajaran Interaktif Di Sma Negeri 1 Gringsing


ABSTRAK



Materi prinsip hereditas merupakan materi yang bersifat abstrak dan cenderung verbalisme. Oleh karena itu salah satu upaya untuk mengurangi keabstrakan materi maka dalam proses komunikasi atau penvisualisasian materi prinsip hereditas perlu dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah CD (Compact Disc) interaktif. CD interaktif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah alat yang berfungsi sebagai perantara untuk menyampaikan isi pembelajaran. CD (Compact Disc) berisi program interaktif yang menyajikan materi dilengkapi teks, gambar, audio, soal-soal serta animasi yang menyerupai obyek nyata, sehingga siswa akan lebih tertarik dan mudah memahami materi. Materi yang disajikan mencakup hukum Mendel; penyimpangan semu hukum Mendel; pola-pola hereditas; dan hereditas pada manusia.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran prinsip hereditas yang menggunakan CD pembelajaran interaktif di bandingkan dengan pembelajaran prinsip hereditas dengan menggunakan simulasi persilangan di SMA Negeri 1 Gringsing.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gringsing pada tahun ajaran 2008/2009 pada kelas XII IPA yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII IPA 1 dan kelas XII IPA 2. Cara untuk menentukan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dilakukan pengundian, yaitu undian I sebagai kelompok eksperimen I dan undian II sebagai kelompok eksperimen II. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran materi prinsip hereditas dengan menggunakan CD pembelajaran interaktif, dan pembelajaran dengan metode simulasi persilangan. Variabel terikat berupa aktivitas dan hasil belajar siswa, sedangkan variabel kendali berupa guru dan jumlah jam pelajaran. Penelitian eksperimen ini dirancang dengan metode pre test and post test design.

Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah 81,03, sedangkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen II adalah 77,00. Penggunaan CD interaktif dapat meningkatkan aktivitas siswa dibanding dengan metode simulasi persilangan yang ditunjukkan dari hasil persentase keaktifan siswa dengan rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen I sebesar 89,75%, sedangkan kelas eksperimen II rata-rata yang diperoleh sebesar 86,22%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan CD interaktif pada pembelajaran materi prinsip hereditas yang diterapkan lebih meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dibanding dengan metode simulasi persilangan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi