Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

40. Pengaruh Komunikasi Intern Terhadap Semangat Kerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah


ABSTRAK



Semangat kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah adanya komunikasi intern yang dilakukan dalam organisasi. Akan tetapi, kebenaran argumen ini akan dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh komunikasi intern terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah ? (2) Seberapa besar pengaruh komunikasi intern terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah ?. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh komunikasi intern terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah dan (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi intern terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan komputasi program SPSS, sebelum dilakukan analisis dengan teknik regresi linier sederhana dilakukan pengujian prasyarat analisis regresi.

Hasil uji normalitas variabel komunikasi intern diperoleh harga Komogorovsmirnov Z sebesar 0,805 dengan asymprod signifikansi 0,535. Sedangkan untuk variabel Semangat kerja diperoleh harga Komogorov-smirnov Z sebesar 1,017 dengan asymprod signifikansi 0,252. Dan uji linieritas diperoleh Fhitung sebesar 1,108 dengan signifikansi sebesar 0,365. Dari analisis regresi linier sederhana diperoleh Fhitung = 65,704 dan Ftabel = 3,955, karena Fhitung > Ftabel maka hipotesis diterima. Mengacu pada hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara komunikasi intern terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah. Besarnya pengaruh tersebut adalah 43,9%. Sedangkan sisanya 56,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini didukung oleh analisis deskriptif persentase dimana variabel komunikasi intern maupun semangat kerja menunjukkan kategori baik dengan persentase 76,11% dengan komunikasi ke bawah sebagai indikator yang memberikan kontribusi terbesar dan komunikasi ke atas sebagai indikator yang memberikan kontribusi terendah. Semangat kerja pegawai termasuk kategori baik dengan persentase 75,06% dengan indikator tanggung jawab yang memberikan kontribusi terbesar dan indikator kerjasama yang memberikan kontribusi terendah.

Berdasarkan penelitian dapat disarankan sebagai berikut : (1) Untuk pihak atasan, agar bawahan tidak merasa segan untuk memberikan kritik kepada atasan, maka atasan hendaknya selalu menciptakan suasana harmonis dengan bawahan, dengan cara selalu berkomunikasi dengan bawahan mengenai pekerjaan. (2) Untuk para pegawai sendiri diharapkan untuk meningkatkan komunikasi dengan atasannya. Pegawai harus berani bertanya bila mengalami kesulitan kepada atasan, sehingga terjadi komunikasi timbal balik antara atasan dengan para pegawai. Selain itu komunikasi antara pegawai yang sudah baik juga perlu dipertahankan dan ditingkatkan agar terjadi pertukaran informasi yang baik berkaitan dengan pekerjaan di antara pegawai, sehingga apabila terjadi kesulitan kerja dapat diatasi secara bersama-sama.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi