Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

40. Perbedaan Hasil Belajar Antara Pendekatan Kontekstual Dengan Konvensional Pada Sub Konsep Keanekaragaman Hewan Di Kelas Vii Smp Negeri I Sragen


ABSTRAK



Proses pembelajaran biologi di SMP I Sragen pada sub konsep keanekaragaman hewan selama ini masih banyak menggunakan metode ceramah tanpa didukung pendekatan dan media pembelajaran yang bervariasi, sehingga menyebabkan siswa menjadi bosan. Melihat kenyataan yang ada di sekolah maka seorang guru dituntut aktif dan kreatif dalam menggunakan pendekatan dan media pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar antara pendekatan kontekstual dengan pendekatan konvensional. Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual dan pendekatan konvensional.

Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII C dan VII D SMP N I Srragen yang masing – masing berjumlah 42 siswa. Pelaksanaan penelitian ini pada bulan November sampai Desember 2005. Faktor yang diteliti meliputi faktor guru, siswa, dan proses belajar mengajar. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (model pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan pendekatan konvensional), variabel terikat (hasil belajar siswa pada pokok bahasan keanekaragaman hewan), dan variabel kontrol (guru dan subjek atau materi yang diajarkan). Prosedur penelitian terdiri dari penyusunan instrumen, uji coba instrumen, analisis perangkat uji coba, pengumpulan data dan analisis data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, metode tes, wawancara, kinerja guru dan hasil observasi kegiatan belajar mengajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan pendekatan kontekstual mencapai 83,25, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan konvensional diperoleh 71,16. hasil uji t diperoleh thitung 6,024 > ttabel 1,99 dengan dk (82) α = 5%. Hal ini berarti ada perbadaan yang signifikan, di mana hasil belajar kelas ekperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Dari hasil observasi aktivitas siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar juga menunjukkan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kenyataan ini dapat dilihat dari kualitas pertanyaan, jawaban, dan pendapat yang dinyatakan oleh siswa. Untuk kinerja guru pada kelas eksperimen sudah sesuai dengan rencana pembelajaran (RP) yang sudah disusun dan mengalami peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan berikutnya.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hewan yang diajarkan dengan pendekatan kontekstual dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas VII semester 1 SMP N I Sragen. Disarankan agar para guru di SMP dapat menggunakan pendekatan kontekstual dalam upaya pelaksanaan kurikulum 2004 serta penelitian lain diharapkan dapat melakukan penelitian dengan lingkup yang lebih luas.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi