Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

41. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Metode Sugesti-Imajinasi Dengan Media Lagu Siswa Kelas Xa Sma Negeri 2 Blora


SARI



Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan menulis paragraf deskripsi kelas XA SMA Negeri 2 Blora masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Faktor intern berasal dari siswa, sedangkan faktor ekstern, salah satunya berasal dari metode guru dalam melaksanakan pembelajaran dan minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Pemilihan metode dan penggunaan media berdasarkan tuntutan KBK ini memberi kebebasan kepada guru untuk memilih metode dan menggunakan media yang beragam, sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengkaji 2 masalah yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu pada siswa kelas XA SMA Negeri 2 Blora setelah mengikuti pembelajaran dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu pada siswa kelas XA SMA Negeri 2 Blora setelah mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas XA SMA Negeri 2 Blora, setelah dilakukan pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu dan (2) mendeskripsi perubahan tingkah laku siswa kelas XA SMA Negeri 2 Blora, setelah dilakukan pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis paragraf deskripsi. Dan untuk teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Nilai rata-rata kelas pada tahap pratindakan sebesar 62,1 dan mengalami peningkatan sebesar 3,1 poin menjadi sebesar 65,2. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72,22. Setelah menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu juga terjadi perubahan tingkah laku siswa. Siswa yang sebelumnya merasa kurang antusias terhadap pembelajaran menulis paragraf deskripsi menjadi antusias, senang, dan tertarik setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Bagi peneliti disarankan agar melakukan penelitian yang sama tetapi dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang lain.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi