Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

43. Pengembangan Bahan Ajar Materi Struktur, Fungsi Organ Manusia Dan Hewan Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas)


ABSTRAK



Dalam penelitian ini dikembangkan suatu desain pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Konsekuensinya adalah dikembangkannya berbagai media, bahan ajar, dan asesmen yang sesuai dengan pendekatan JAS tersebut. Salah satu desain pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah bahan ajar yang meliputi diktat, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Lembar Diskusi Siswa (LDS). Jadi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bahan ajar materi struktur, fungsi organ manusia dan hewan yang dikembangkan dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar sudah sesuai dengan standar buku ajar menurut BSNP dan tanggapan guru dan peserta didik tentang pengembangan dan penerapan bahan ajar menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut baik serta hasil belajar dan aktivitas peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran sudah sesuai dengan KKM.

Penelitian ini merupakan penelitian R & D yang mengembangkan bahan ajar materi struktur, fungsi organ manusia dan hewan dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan mengujicobakan bahan ajar tersebut di kelas XI IA 4 SMA Negeri 1 Semarang. Penyusunan bahan ajar ini menggunakan metode Pengemasan Kembali information (Information Repackaging Atau Text Transformation).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar materi struktur fungsi organ manusia dan hewan dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) sudah sesuai dengan standar buku ajar menurut BSNP dan dapat memenuhi tujuan pembelajaran dengan persentase penilaian pakar sebesar 84.97% . Tanggapan dari guru dan peserta didik tentang pengembangan dan penerapan bahan ajar juga menunjukkan bahwa bahan ajar termasuk baik dan dapat diterapkan dalam pembelajaran.

Dari hasil belajar peserta didik menunjukkan 100% peserta didik memperoleh nilai ≥ 70 yang artinya telah tuntas belajar dengan nilai rata-rata 77, serta aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran termasuk dalam kriteria tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar materi struktur fungsi organ manusia dan hewan dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) sudah sesuai dengan standar buku ajar menurut BSNP. Tanggapan dari guru dan peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar termasuk baik dan dapat diterapkan dalam pembelajaran. Dari hasil belajar peserta didik sudah sesuai dengan KKM serta aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran termasuk dalam kriteria tinggi dan dapat memenuhi tujuan pembelajaran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi