Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

5. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang


ABSTRAK



Pengetahuan Sosial adalah pelajaran yang membutuhkan wawasan dan cara berpikir yang lebih kritis, kreatif dan teliti. Banyak siswa yang mengerti itu sehingga mereka mendapatkan hasil yang baik. SMP Negeri 22 Semarang khususnya kelas VIII, masih adanya sebagian siswa yang mendapat nilai dibawah rata – rata khususnya pada mata pelajaran pengetahuan sosial, walaupun sekolah tersebut sekolah bisa dikatakan bonafit, karena SMP Negeri 22 prestasinya cukup diperhitungkan dengan peringkat 16 diantara 193 sekolah SMP negeri dan swasta lainnya yang ada di Semarang. Permasalahan yang diungkap adalah faktor – faktor apa sajakah yang mempengaruhi keberhasilan belajar mata pelajaran Pengetahuan Sosial Siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan belajar Siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pengetahuan Sosial.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang Tahun 2006/2007 sebanyak 258 siswa. Peneliti menggunakan sampel 157 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dekumentasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis faktor, yaitu analisis yang digunakan untuk mereduksi data variabel yang banyak, diubah menjadfi variabel yang jumlahnya sedikit.

Berdasarkan hasil analisis faktor dapat diketahui sumbangan atau kontribusi dari masing-masing faktor, terbentuk 9 kelompok faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar mata pelajaran Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang. Kesembilan kelompok faktor tersebut meliputi: 1) Faktor pembelajaran dan keadaan siswa memiliki kontribusi sebesar 13,22%, 2) Faktor relasi dan metode belajar dengan kontribusi sebesar 12,04%, 3) Faktor sistem belajar siswa dengan kontribusi sebesar 13,22%, 4) Faktor psikologi siswa dengan kontribusi sebesar 6,33%, 5) Faktor lingkungan sekolah dengan kontribusi sebesar 5,97%, 6) Faktor konsentrasi dan lingkungan sekolah dengan kontribusi sebesar 5,48%, 7) Faktor keluarga dan guru dengan kontribusi sebesar 4,83%, 8) Faktor cita – cita dan kondisi fisik dengan kontribusi sebesar 4,56%, 9) Faktor masa depan siswa dengan kontribusi sebesar 4,43%.

Melihat hasil diatas dapat dilihat bahwa pengaruh terbesar terhadap keberhasilan belajar Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang meliputi faktor pembelajaran dan keadaan siswa dan faktor sistem belajar siswa yang memiliki kontribusi masing-masing 13,22%, adapun faktor yang memiliki kontribusi terkecil yaitu faktor masa depan siswa 4,43%.

Hal yang seharusnya dilakukan oleh pihak sekolah yaitu pelunya meningkatkan hubungan antara guru dengan siswa karena masih banyak siswa atau guru yang kurang tahu antara keduanya, juga pelu ditingkatkan lagi metode belajar siswa karena dengan metode yang tepat hasil yang diperolehpun akan semakin baik pula, dan orang tua juga perlu mengadakan pengawasan terhadap belajarnya siswa karena dengan pengawasan tersebut siswa akan merasa diperhatikan oleh orang tuanya sehingga memotivasi untuk belajar lebih giat lagi agar mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi