Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

51. Pengaruh Kondisi Sosial Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas III SMA PGRI I


ABSTRAK



Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi, yang mempunyai tujuan lebih tinggi dari sekedar untuk tetap hidup, sehingga manusia menjadi lebih terhormat dan mempunyai kedudukan yang lebih tinggi daripada yang tidak berpendidikan. Bagi rumah tangga yang berpenghasilan rendah akan merasa berat untuk membiayai pendidikan anak-anaknya, apabila meneruskan ke sekolah yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih mahal. Melihat kenyataan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang “Pengaruh Kondisi Sosial dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas III SMA PGRI I Kebumen Tahun Ajaran 2005/2006”. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaiamanakah kondisi sosial, kondisi ekonomi orang tua siswa dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 2) Adakah pengaruh kondisi sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 3) Adakah pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 4) Seberapa besar pengaruh kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kondisi sosial, kondisi ekonomi orang tua dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SMA PGRI I Kebumen sebanyak 125 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proportional sample dengan jumlah sampel yang akan diteliti mengacu pada ketentuan sampel pada Tabel Krejcie dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua sebagai variabel bebas dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program statistik SPSS.

Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa kondisi sosial orang tua termasuk kategori cukup, kondisi ekonomi orang tua termasuk kategori cukup, dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa termasuk kategori tinggi . Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi = 15,528 + 0,398XYˆ1 + 0,143X2. Uji keberartian persamaan regesi dengan uji F, diperoleh Fhitung = 25,982 dengan probabilitas sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti Ada pengaruh yang signifikan kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III SMA PGRI I Kebumen Tahun Ajaran 2005/2006, besarnya pengaruh tersebut yaitu 35,6%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Besarnya pengaruh masing-masing variabel yaitu kondisi sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 12,4%, pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 9,5%.

Mengacu dari hasil penelitian, orang tua hendaknya meningkatkan tingkat pendidikan dengan cara mengikuti program kejar paket A,B dan C. Orang tua sebaiknya berusaha semaksimal mungkin dalam usaha meningkatkan tingkat pendapatannya dengan bekerja lebih giat lagi, mencari pekerjaan tambahan melalui pelatihan. Bagi siswa hendaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi