Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

55. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasa Menghitung Luas Daerah Persegi Panjang Dan Persegi Melalui Model Pembelajaran Problem


BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang Masalah

Mata pelajaran matematika masih menjadi masalah serius, hal ini dapat dillihat dari hasil belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika yang masih kurang dari nilai tujuh pada rata-rata kelas. Hal ini disebabkan oleh beberapa masalah klasik salah satu diantaranya karena model pembelajaran matematika yang kurang variatif dan jarang melibatkan siswa dalam menyelesaikan dan menemukan suatu masalah.

Proses belajar mengajar yang baik menitikberatkan pada pemberdayaan peserta didik. Hal ini berimbas pada pemilihan model pembelajaran bukan hanya memorisasi materi dan menjelaskan saja, bukan sekedar penekanan pada penguasaan materi yang diajarkan sehingga dapat dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa. Proses belajar mengajar lebih menekankan pada bekerja, belajar hidup bersama dan memperoleh hasil yang maksimal.

Proses pembelajaran pada pokok bahasan menghitung luas daerah persegi panjang dan persegi pada siswa kelas VII MTs pada saat ini dengan model pembelajaran konvensional masih kurang memberi nilai lebih karena pokok bahasan ini sebenarnya sangat menarik dan dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing dalam kelompok kecil, dapat digali potensi pemahaman penerapan, dan aplikasi pengetahuan siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika yang dapat diterapkan dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat mengurangi kejenuhan dalam belajar matematika yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Siswa dalam interaksi belajar mengajar adalah subyek yang akan mencapai tujuan pembelajaran dalam bentuk hasil belajar. Tuntutan kurikulum 2004 pada tingkat sekolah menengah pertama yang berupa standar kompetensi, menghendaki tujuan pembelajaran matematika adalah sebagai berikut.
1. Melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukan kesamaan, perbedaan, konsisten, dan inkonsisten.
2. Mengembalikan aktifitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, serta mencoba-coba.
3. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.
4. Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan lisan, catatan, grafik, peta, diagram, dalam menjelaskan gagasan.

Dengan melihat tuntutan kurikulum diatas dan kenyataan dilapangan bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan menghitung luas daerah persegi panjang dan persegi, nilai masih kurang dari 70. Maka perlu model pembelajaran yang mampu mengajak peran aktif siswa dalam ikut serta menemukan dan menyelesaikan masalah supaya hasil belajar siswa dapat tercapai secara maksimal. Maka peneliti
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi