Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

57. Upaya Menumbuhkan Semangat Siswa Mencapai Tuntas Belajar Melalui Model Pakem Dilengkapi Tugas Terstruktur


ABSTRAK



Ketuntasan belajar siswa kelas VII D SMPN 2 Getasan Tahun Pelajaran 2005/2006 belum optimal. Hal ini dilihat dari ketuntasan belajar untuk keaktifan siswa baru mencapai 75%, keterampilan proses siswa 70%, dan hasil belajar siswa 70%. Materi himpunan selalu diujikan dalam Ujian Akhir Nasional dan sebagai dasar dalam mempelajari materi fungsi. Hal ini berarti ketuntasan belajar siswa pada materi himpunan harus ditingkatkan. Dalam rangka mengatasi hal tersebut, peneliti mencoba menawarkan pembelajaran dengan model PAKEM dilengkapi tugas terstruktur dan pemanfaatan benda-benda sekitar. PAKEM diterapkan dengan pola menekankan siswa belajar melalui berbuat dengan pemberian tugas terstruktur dalam bentuk modul sebelum pembelajaran di kelas. Pada saat pembelajaran di kelas, PAKEM diterapkan dengan pola mengaktifkan siswa melalui kegiatan bertanya dengan memanfaatkan benda-benda sekitar dalam rangka menekankan kembali konsep pada materi himpunan melalui tugas terstruktur dalam bentuk modul, pola menyenangkan melalui diskusi kelompok, dan pola kreatif dalam rangka memperkuat pemahaman siswa tentang konsep pada materi himpunan. Penelitian bertujuan meningkatkan keaktifan, keterampilan proses, dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 melalui model PAKEM dilengkapi tugas terstruktur dan pemanfaatan benda-benda sekitar pada materi himpunan sehingga mencapai tuntas belajar.

Dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII C SMP N 2 Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan fokus penelitian ketuntasan belajar yang meliputi keaktifan, keterampilan proses, dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dengan 3 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yakni tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.

Berdasarkan hasil pengamatan dan refleksi dari siklus I, II, dan III diperoleh ketuntasan belajar siswa untuk keaktifan berturut-turut 75 %, 82,5 %, dan 92,5 %; keterampilan proses berturut-turut 75 %, 80 %, dan 87,5 %; hasil belajar siswa berturut-turut 75 %, 82,5 %, 85 %. Dalam penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar yang meliputi keaktifan, keterampilan proses, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dapat mencapai tolok ukur yang telah ditentukan, yakni minimal 85% dari jumlah siswa aktif, terampil, dan tuntas hasil belajar. Tolok ukur tercapai pada penelitian siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian yang telah dilaksanakan berhasil.

Pada akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model PAKEM dilengkapi tugas terstruktur dan pemanfaatan benda-benda sekitar pada materi himpunan dapat meningkatkan keaktifan, keterampilan proses, dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 sehingga mencapai tuntas belajar.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi