Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

66. Peranan KPRI Ngesti Bina Mulya Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru SD Se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga


SARI

Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang berasaskan kekeluargaan dengan mengutamakan rasa persaudaraan, solidaritas dan persatuan diantara para anggota. Koperasi hadir ditengah-tengah masyarakat dengan mengemban tugas dan tujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Peranan KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga, (2) Hambatan yang dihadapi KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga, (3) Upaya yang dilakukan oleh KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Peranan KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga, (2) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga, (3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga.

Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan fokus peranan KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga, hambatan yang dihadapi KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga, upaya yang dilakukan oleh KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data diuji dengan teknik triangulasi, kemudian dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa koperasi dalam menjalankan unit usahanya mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesejahteraan anggotanya. Peranan yang diberikan koperasi kepada anggotanya dengan memberikan simpan pinjam, mengusahakan barang-barang kebutuhan anggota maupun memberikan pelayanan jasa. Untuk mengukur kesejahteraan anggota maka dapat dilihat dari pendapatan yang diterima oleh anggota setelah masuk menjadi anggota koperasi. Hambatan yang dihadapi oleh KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan adalah kurangnya modal dan kurangnya partisipasi anggota. Upaya yang dilakukan oleh KPRI Ngesti Bina Mulya dalam meningkatkan kesejahteraan adalah dengan memberikan Sisa Hasil Usaha, memberikan uang kesejahteraan berupa bingkisan lebaran dan uang sidang bagi anggota yang ikut dalam RAT, pemberian uang santunan dan beasiswa.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kPRI Ngesti Bina Mulya mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesejahteraan guru SD se-Kecamatan Kutasari Bojongsari Kabupaten Purbalingga tetapi belum maksimal karena terbatasnya modal. Hambatan yang dihadapi adalah kurangnya modal dan partisipasi anggota. Upaya yang dilakukan oleh koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan adalah dengan memberikan kredit kepada anggota, pemberian SHU, pemberian uang kesejahteraan dan melakukan usaha sosial lainnya seperti pemberian tunjangan dan beasiswa.

Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota maka koperasi perlu menambah jumlah simpanan wajib anggota dan melakukan penyuluhan tentang koperasi kepada anggota, agar anggota dapat berpartisipasi aktif dalam koperasi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi