Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

74. Pengaruh Persepsi Tentang Sumber Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI-IS SMA Masehi 1 Semarang


ABSTRAK



Prestasi belajar merupakan salah satu impian setiap insan manusia yang sedang dalam tahap belajar. Prestasi belajar dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh beberapa faktor diantaranya sumber belajar dan lingkungan sekolah. Cara pandang yang berbeda dari tiap siswa mengakibatkan persepsi yang berbeda-beda tentang sumber belajar dan lingkungan sekolahnya. Persepsi menentukan sikap dan tindakan siswa terhadap suatu objek. Untuk dapat mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang sumber belajar dan lingkungan sekolah maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; bagaimana persepsi siswa tentang sumber belajar dan lingkungan sekolah, bagaimana prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI-IS SMA Masehi 1 Semarang tahun ajaran 2005/2006, serta adakah pengaruh persepsi siswa tentang sumber belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI-IS SMA Masehi 1 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang sumber belajar dan lingkungan sekolah, bagaiman prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI-IS SMA Masehi 1 Semarang tahun ajaran 2005/2006, serta untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi siswa tentang sumber belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI-IS SMA Masehi 1 Semarang tahun ajaran 2005/2006.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IS SMA Masehi 1 Semarang tahun ajaran 2005/2006 yang berjumlah 115. Sampel penelitian yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling berjumlah 90 siswa. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu persepsi siswa tentang sumber belajar, persepsi siswa tentang lingkungan sekolah, dan prestasi belajar ekonomi siswa. Data diambil melalui kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang sumber belajar dalam kategori baik (68,83%) dan persepsi siswa tentang lingkungan sekolah dalam kategori baik (79,76%). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi:∧Y= 26,489 + 0,321 X1 + 0,194 X2. Uji keberartian persamaan regresi dengan menggunakan uji F, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 44,239 dengan harga signifikansi sebesar 0,000. Karena harga signifikansi kurang dari 0,05, menunjukkan bahwa secara simultan persepsi siswa tentang sumber belajar dan persepsi siswa tentang lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 50,4%. Sedangkan secara parsial pengaruh persepsi siswa tentang sumber belajar sebesar 42,25% dan untuk persepsi siswa tentang lingkungan sekolah sebesar 17,06%.

Berdasarkan hasil perhitungan diatas diketahui bahwa persepsi siswa tentang sumber belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi secara simultan dan parsial. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada pihak sekolah hendaknya mendukung program pembelajaran dengan menganggarkan dana untuk pengadaan dan penyediaan buku-buku pelajaran yang memadai, serta relevan dalam menunjang proses pembelajaran. Ketersediaan buku-buku pelajaran yang memadai (dalam artian kualitas maupun kuantitas) akan menjadi stimulus yang menarik bagi siswa, sehingga cenderung dapat mengoptimalkan prestasi belajar siswa.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi