Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

87. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kelulusan Mahasiswa FE UNNES


ABSTRAK



Tingkat kelulusan mahasiswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal (faktor yang berasal dari dalam diri mahasiswa) dan faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar diri mahasiswa). Permasalahan dalam penelitian ini yang pertama adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kelulusan mahasiswa FE UNNES, yang kedua adalah Seberapa besar pengaruh faktor-faktor tersebut mempengaruhi tingkat kelulusan mahasiswa FE UNNES baik secara parsial maupun secara simultan. Tujuan dalam penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kelulusan mahasiswa FE UNNES, yang kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap tingkat kelulusan mahasiswa FE UNNES baik secara parsial maupun secara simultan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa ekonomi S1 FE UNNES angkatan 2004 yang belum lulus (belum lulus tepat 4 tahun), yang masih aktif kuliah. Jumlah mahasiswa yang belum lulus tepat 4 tahun berjumlah 336. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara proporsional sampel (propotional sample) atau sampel imbangan. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor internal, faktor eksternal dan tingkat kelulusan mahasiswa FE UNNES. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan metode kuesioner, sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan Yˆ= 1,150 + 0,096+ 0,112, sehingga dapat pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor internal dan faktor eksternal terhadap tingkat kelulusan mahasiswa FE UNNES. Dari hasil uji F atau simultan diperoleh F hitung sebesar 31,824 dengan nilai probabilitas (0,000<0,05) yang berarti signifikan dan menerima hipotesis alternatif. Hasil pengujian secara parsial faktor internal diperoleh t hitung sebesar 4,262 dengan p value 0,000<0,05 dan t hitung sebesar 4,068 dengan p value 0,000<0,05, hal ini berarti hipotesis altrenatif diterima. Koefisien determinasi 1X2X2Rsebesar 46,2%, sedangkan sisanya 53,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Besarnya kontribusi atau sumbangan secara parsial masing-masing adalah 19,71% untuk variabel faktor internal dan 18,32% untuk variabel faktor eksternal.

Berdasarkan hasil penelitian tersebit dapat disimpulkan bahwa faktor internal dan faktor eksternal ada pengaruh yang positif terhadap tingkat kelulusan mahasiswa FE UNNES baik secara simultan maupun secara parsial. Saran kepada mahasiswa (1) diharapkan kepada mahasiswa yang tidak dapat lulus tepat waktu harus lebih mampu maningkatkan motivasi dan minat mereka untuk dapat segera menyelesaikan kuliah sehingga tingkat kelulusan mereka tidak akan semakin terhambat lagi, (2) diharapkan kepada mahasiswa untuk dapat memilih lingkungan kos atau kos-kosan yang mampu memberikan dampak positif bagi dirinya sendiri dengan cara memilih kos-kosan dengan penghuni kos yang sedikit sehingga nyaman untuk belajar, (3) Perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kelulusan mahasiswa yang belum terungkap dalam penelitian ini.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi