Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

89. Pembelajaran Ps-Ekonomi Pokok Bahasan Pasar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share Pada Siswa Kelas VIII


ABSTRAK



Saat ini masih banyak siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran ekonomi sangat menjemukan dan membosankan. Observasi awal di SMP Negeri 22 Semarang menunjukkan bahwa hasil belajar PS-Ekonomi pada materi pokok kelangkaan masih rendah, hal ini terbukti dari perolehan nilai rata-rata ulangan harian siswa yang mencapai 56,54 dengan ketuntasan belajar klasikal 30%. Oleh karena guru harus mengusahakan agar pembelajaran lebih menarik, dengan cara mengkombinasikan berbagai model dan metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan suatu pokok materi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PS-Ekonomi melalui usaha perbaikan pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share pada materi pokok pasar.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus dan lembar observasi. Prosedur kerja dalam penelitian ini merupakan siklus kegiatan yng terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 70,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78%. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 76,14 dengan ketuntasan klasikal 88%. Adapun hasil belajar afektif siswa diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 54% dan pada siklus II sebesar 85 %.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar PS-Ekonomi pada materi pokok pasar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: model pembelajaran kooperatif tipe think-pairshare dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran PS-Ekonomi di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian dengan ruang lingkup yang lebih besar dan dengan menggunakan desain yang berbeda.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi