Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

93. Penerapan Ctl (Contextual Teaching And Learning ) Sebagai Upaya Pembelajaran Aktif Dan Bermakna Pada Pembelajaran Matematika Di Smp N 22 Semarang


ABSTRAK



Pembelajaran matematika terutama pada pokok bahasan Dalil Pythagoras di SMP N 22 Semarang menunjukkan telah berhasil dalam kompetisi “mengingat” jangka pendek tetapi gagal dalam membekali siswa memecahkan masalah berikutnya. Hal ini diprediksi sebagai akar penyebabnya karena pembelajaran belum bermakna bagi siswa. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan penelitian tentang penerapan strategi, salah satu strategi yang dirasa tepat adalah pembelajaran dengan menerapkan CTL. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah dengan penerapan CTL, pembelajaran pada pokok bahasan Dalil Pythagoras bermakna dan siswa kelas VIII SMP N 22 Semarang menjadi aktif?.

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan CTL pada pembelajaran Dalil Pythagoras kelas VIII SMP N 22 Semarang tahun pelajaran 2005/2006 sehingga pembelajaran matematika bermakna dan siswa menjadi aktif.

Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen CTL yakni : kontruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya.

Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 22 Semarang dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-C semester gasal tahun pelajaran 2005/2006. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Keberhasilan tindakan ditunjukkan oleh analisis penilaian proses dan produk yang telah dilakukan. Untuk penilaian proses siswa aktif mencapai minimal 71%, sedangkan penilaian produk secara individu siswa tuntas memperoleh nilai minimal 65 dan secara klasikal siswa tuntas mencapai minimal 70%.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menerapkan CTL membuat pembelajaran Dalil Pythagoras menjadi menyenangkan. Siswa menjadi aktif, bekerjasama dengan temannya (siswa lainnya), siswa menemukan , dan siswa mudah paham terhadap materi yang dipelajari (bermakna).

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: Dengan menerapkan CTL pembelajaran pada pokok bahasan Dalil Pythagoras bermakna dan siswa kelas VIII SMP N 22 Semarang menjadi aktif. Berdasarkan simpulan di atas maka disarankan untuk dilakukan evaluasi dalam selang waktu tertentu dan sesering mungkin guru membimbing siswa dalam menyampaikan pertanyaan dengan jelas (mudah dipahami teman).
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi