Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

97. E-Learning Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Web Dengan Penerapan Lembar Kerja Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok


ABSTRAK



Sistem e-learning merupakan bentuk implementasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat berupa lembaran kertas atau media audio visual yang dapat memberikan kemudahan peserta didik menerima materi. Bahkan media yang dibuat lebih menyenangkan atau menarik bagi peserta didik, sehingga peserta didik tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran.

Dalam penelitian dirancang suatu model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, salah satunya elearning dalam pembelajaran yang dirasa lebih efektif. Penggunaan media LKS berbasis Web, akan membantu peserta didik dalam pembelajaran matematika. Elearning yaitu bentuk pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN atau internet) untuk penyampaian isi kandungan, interaksi ataupun pelatihan dari segi penggunaan media berbasis web. Karena LKS merupakan stimulus (bimbingan) guru dalam pembelajaran yang akan disajikan secara tertulis, maka dalam penulisannya perlu memperhatikan creteria media grafis sebagai media visual, khususnya tentang visualnya untuk menarik perhatian peserta didik. Penelitian dilakukan di kelas VIII D SMP Negeri 13 Semarang semester genap (dua) tahun pelajaran 2006/2007. Satu kelas diberi media Lembar Kerja Siswa (LKS) interaktif yang digunakan dalam e-learning berbasis web. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, angket dan dokumentasi.

Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah e-learning berbasis Web dengan penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada pokok bahasan Kubus dan Balok, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 13 Semarang.

Hasil belajar pokok bahasan kubus dan balok, peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 13 Semarang dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis web. Rata-rata skor yang diperoleh dalam siklus I adalah 73,72. Sebanyak 17 peserta didik belum tuntas hasil belajarnya dan 27 peserta didik sudah tuntas hasil belajarnya dari jumlah 44 peserta didik. Rata-rata skor yang diperoleh dalam siklus II adalah 79,55. Sebanyak 9 peserta didik yang belum tuntas dan 35 peserta didik sudah tuntas hasil belajarnya dengan jumlah 44 peserta didik. Rata-rata peningkatan dari siklus 1 dan siklus 2 adalah 79,55% - 61,36% = 18,19%.

Berdasarkan hasil penelitian ini melalui pembelajaran berbasis web, hasil belajar pokok bahasan kubus dan balok, peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 13 Semarang dapat ditingkatkan. Dapat memberi motivasi belajar peserta didik. Maka disarankan untuk, mulai menerapkan dan mengembangkan e-learning berbasis web dalam penerapan media Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 13 Semarang di tahun-tahun mendatang.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi