Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

99. Perbedaan Pengaruh Metode Bagian Sintesis Murni Dan Metode Bagian Sintesis Repetitif Terhadap Pembelajaran Senam Indonesia Sehat (SIS)


ABSTRAK


Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh antara mengajar dengan metode sintesis murni dan sintesis repetitif terhadap hasil belajar Senam Indonesia Sehat (SIS),manakah yang lebih baik antara metode bagian sintesis murni atau metode bagian sintesis repetitif terhadap hasil pembelajaran Senam Indonesia Sehat.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 9 Salatiga tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 100 siswa. Sampelnya 40 siswa diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan memberikan perlakuan terhadap dua kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan metode belajar senam SIS dengan menggunakan metode sintesis murni dan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan metode sintesis repetitif. Untuk perhitungan statistik digunakan pola M-S (matching by subject design) dengan analisa data menggunakan rumus t-test.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat probabilitas lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,033 dan 0,015. Hasil tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan pada rerata nilai post test antara kelompok metode bagian sintesis murni dan kelompok metode bagian sintesis repetitif. Perbedaan tersebut diperjelas dengan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian antara hasil data pre test dan hasil data post test yaitu metode bagian sintesis murni sebesar 6452 atau 42% (sebagai kelompok pertama) sedangkan kelompok metode bagian sintesis repetitif sebesar 8971 atau 58% (sebagai kelompok kedua), artinya ada perbedaan rata-rata hasil test kedua kelompok eksperimen yang dibandingkan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran dengan menggunakan metode bagian sintesis repetitif lebih efektif dibandingkan dengan metode bagian sintesis murni dalam meningkatkan hasil belajar Senam Indonesia Sehat pada siswa kelas VII SMP Negeri 09 Salatiga. Saran yang dapat peneliti berikan adalah metode bagian sintesis repetitif dapat diterapkan dalam pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa,dan bagi siswa sebaiknya tidak hanya mempelajari satu jenis senam irama, tetapi lebih banyak mengikuti senam irama yang lain sesuai dengan perkembangan senam di Indonesia.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi