Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

12. Pemanfaatan Limbah Gelas Plastik Pada Busana Kreasi Baru


ABSTRAK

Gelas plastik merupakan tempat air minum yang terbuat dari bahan multiguna yang banyak dipakai dalam kehidupan sehari–hari. Plastik juga sudah banyak diwujudkan dalam bentuk busana, walaupun dalam presentasi kecil, contohnya seperti mantel, jas hujan, tas, aksesoris dan lain – lain. Hiasan dan korsase ( dari plastik ) akan memperindah busana kreasi baru dari bahan gelas plastik. Permasalahan yang dibahas dalam Tugas Akhir ini adalah (1) Bagaimanakah pembuatan busana kreasi baru dari limbah gelas plastik ? (2) Bagaimanakah cara pemeliharaan busana kreasi baru dari limbah gelas plastik. Manfaat yang diperoleh dalam tugas akhir ini adalah mengembangkan kreativitas dan inovatif tentang pembuatan busana kreasi baru dari limbah gelas plastik bagi penulis serta sebagai bahan informasi bagi jurusan bahwa gelas plastik dapat dimanfaatkan sebagai bahan busana yang unik dan kreatif.

Proses pembuatan busana kreasi baru dari limbah gelas plastik secara keseluruhan dimulai dari mendesain model, yaitu persiapan bahan dan alat (penulisan bahan, persiapan alat untuk proses pembuatan, pengecatan pada gelas plastik) dan proses pembuatan mengambil ukuran, membuat pola dan merubah sesuai model, memotong, menjelujur, mengepas I, menjahit dan penyelesaian.

Hasil busana kreasi baru yaitu model busana yang terdiri dari camisol dan rok. Kesulitan pembuatan busana ini pada pemasangan hiasan gelas plastik yaitu bahan utama rok, sudah dijahit pada bagian sisi, tengah belakang dan ritsleting sudah terpasang selanjutnya hiasan gelas plastik dipasang serta dijahit. Lamanya pembuatan busana ini memerlukan waktu 11/2 - 2 bulan karena lamanya proses pengecatan sehingga menghabiskan biaya Rp1.591.800. Pada camisol dan rok terdapat gelas plastik yang sudah dicat dan dijahit dengan penataan melingkar seperti bunga gerbera.

Pembuatan busana kreasi baru dari limbah gelas plastik memerlukan waktu relatif lama terutama dalam mengecat gelas plastik sehingga diperlukan ketelitian dan kesabaran. Pemeliharaan busana kreasi baru ini harus teliti dengan penyimpananya diruang yang longgar/tidak sempit, hindari udara lembab dan panas, dan secara periodic dikeluarkan guna diangin-anginkan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi