Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

17. Efektivitas Penggunaan Metode Aba Ta Tsa Dan Metode Iqra Dalam Pembelajaran Al-Quran Di LTQ Al-Hikmah Dan LTQ At-Taqwa Jakarta Selatan


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Al-Qur.an merupakan kitab suci yang menjadi pedoman hidup bagi umat Islam. Dalam surat Al-Isra ayat 9 Allah SWT berfirman : Artinya : . Sesungguhnya al-Qur.an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lurus dan memberikan kabar gembira kepda orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka pahala yang besar . Al-Qur.an diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW, melalui malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat manusia. Al-Qur.an dianjurkan untuk dibaca, direnungkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap sikap, tindakan, ucapan dan perbuatan seorang Muslim harus sesuai dengan ajaran al-Qur.an.

Mengamalkan ajaran al-Qur.an adalah suatu kewajiban bagi umat Islam, Untuk bisa mengamalkan al-Qur.an dengan baik, paling tidak harus melalui beberapa tahapan, yaitu ( 1) Membacanya dengan baik dan benar (2) Menghafal, (3) Mengerti makna ayat-ayatny, dan (4) Mengamalkan.

Setiap Muslim harus bisa membaca al-Qur.an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Ayat pertama yang diturunkan kepada Rasulullah SAW, adalah iqra. yang terdapat pada ayat pertama surat al-.Alaq yang artinya .bacalah.. Ayat tersebut menunjukkan bahwa membaca sangat penting dalam kehidupan umat manusia. Dengan membaca manusi terbebas dari buta huruf dan kebodohan yang memang tidak pantas dimiliki oleh seorang Muslim.

Untuk belajar membaca diperlukan seorang pembimbing, demikian juga untuk belajar membaca al-Qur.an dibutuhkan pengajar yang benar-benar mampu mengajarkan al-Qur.an sesuai dengan kaidah tajwid. Tanpa pengajar seseorang akan mengalami kesulitan dalam belajar membaca al-Qur.an. Nabi sendiri ketika menerima wahyu di gua Hira dipandu dan dituntun oleh malaikat Jibril agar mampu membaca, menerima dan memahami wahyu yang diturunkan kepadanya. Begitu pentingnya seorang guru sebagai pengajar al-Qur.an, sehingga Rasulullah memberikan pujian yang terbaik kepada orang yang belajar dan mengajarkan al-Qu.ran. Sebagai mana dijelaskan dalam haditsnya : Artinya : .Orang yang paling baik diantara kamu adalah yang mempelajari (kandungan) al-Qur.an dan mengajarkannya.. (H.R. Bukhori).

Di dalam hadits yang lain Rasulullah memberi motivasi kepada umatnya agar rajin membaca al-Qur.an, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh imam Tarmizi berbunyi : Artinya : .Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari Kitabullah (al-Qur.an), maka baginya satu kebajikan dan satu kebajikan itu sebanding dengan sepuluh kebajikan. Aku tidak mengatakan Alif-Lam-Mim itu satu huruf, tapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.. (H.R. Tirmidzi).

Kondisi kemampuan baca al-Qur.an umat Islam pada saat ini masih memprihatinkan, karena sebagian besar penduduk negeri ini yang notabene adalah beragama Islam, ternyata kemampuan baca al-Qur.annya sangatlah minim. Lemahnya kemampuan baca al-Qur.an tentu saja akan berimplikasi terhadap berkurangnya intensitas untuk selalu berinteraksi dengan al-Qur.an yang pada gilirannya akan meyebabkan jauhnya umat ini terhadap pengamalan al-Qur.an itu sendiri. Hal ini lah yang disadari oleh beberapa orang tokoh masyarakat yang mencentus metode cepat belajar al-Qur.an, diantaranya: Bambang yulianto sebagai pencetus metode Aba Ta Tsa, dan Efendi Lc, sebagai pencetus metode Utsmani.

Usaha memberantas buta huruf al-Qur.an, sudah mulai disadari oleh pemerintah dan sebagian masyarakat kita. Berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah daerah, para tokoh masyarakat dan pemuka agama tersebut, diantaranya lahirlah Taman Pendidikan Al-Qur.an (TPA)/ Lembaga Tahfidz Al-Qur.an Anakanak (LTQA) dan Perda Banten dan Aceh yang mensyaratkan bahwa siswa harus bisa membaca al-Qur.an sebelum lulus SD.

Taman Pendidikan Al-Qur.an atau Lembaga Tahfidz Al-Qur.an merupakan lembaga pendidikan luar sekolah (non formal) jenis keagamaan. Muatan pengajaran TPA/ LTQA lebih menekankan aspek keagamaan dengan mengacu pada sumber utamnya, yaitu al-Qur.an dan Hadits.

Pertumbuhan dan perkembangan TPA/ LTQA cukup pesat dan semarak di seluruh tanah air.Berdasarkan hasil penelitian dari badan LITBANG departemen agama RI tahun 1990 bahwa perkembangan TPA dan LTQA dari tahun 1995 ke tahun 2000 mencapai 30 %, yaitu pada tahun 1998 jumlah TPA yang terdaftar di Departemen Agama sebanyak 40.000 buah, pada tahun 2000 jumlah TPA diseluruh Indonesia meningkat menjadi 41.600 buah.

Hal ini sebagai indikasi adanya sambutan dan dukungan yang cukup baik dari masyarakat dan adanya kepedulian umat dalam upaya pewarisan dan penanaman nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan. Bagi generasi mendatang keberadaan dan pertumbuhan unit-unit pendidikan non formal jenis keagamaan itu pun cukup
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi