Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

2. Pembuatan Busana Panggung Dengan Hiasan Sisik Ikan


ABSTRAK

Busana pada zaman dahulu berasal dari bahan-bahan alam seperti kulit pohon, akar, daun yang dibuat secara sederhana. Bahan yang bersumber dari alam dapat digunakan menjadi sesuatu yang baru yang menghasilkan produk yang langka dan menarik. Bahan atau kain Taffeta merupakan bahan yang bisa dipakai dalam pembuatan busana panggung. Kain Taffeta mempunyai warna yang bermacam-macam dan memiliki ciri khas tertentu terutama pada kilaunya yang tidak dimiliki oleh kain lainnya. Busana panggung adalah segala sesuatu yang dipakai dari ujung rambut sampai ujung kaki sebagai pelengkap pada saat pertunjukan diatas pentas atau panggung. Pembuatan busana panggung dengan hiasan sisik akan dikombinasikan dengan kain sifon sehingga busana akan terlihat lebih menarik, glamour, dan anggun tidak kalah dengan busana panggung lainnya. Hiasan sisik biasanya digunakan dalam pembuatan hiasan dinding dan asesories pada busana. Ternyata sisik ikan bisa dijadikan sebagai hiasan busana yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi hiasan busana yang unik dan menarik.

Permasalahan yang dibahas dalam Tugas Akhir ini adalah (1) Bagaimana disain busana panggung dengan hiasan sisik ikan yang terdiri dari dua potong ? (2) Bagaimana proses pembuatan busana panggung dengan hiasan sisik ikan ? (3) Bagaimana cara pemeliharaan busana panggung dengan hiasan sisik ikan ? Tujuannya adalah mengetahui disain, proses pembuatan, serta cara pemeliharaan busana panggung dengan hiasan sisik ikan.

Metode yang digunakan untuk menyusun Tugas Akhir ini adalah metode observasi dan eksperimen yang didukung metode kepustakaan. Proses pembuatan busana panggung dari sisik ikan secara keseluruhan mulai dari desain busana yaitu persiapan bahan dan alat, mengambil ukuran, membuat pola, merubah sesuai model, memotong, merader, membuat hiasan sisik ikan, dan penyelesaian.

Kesimpulan yang dapat diambil dalam pembuatan busana panggung dengan hiasan sisik ikan dengan nuansa laut menggunakan pola sistem Praktis, dalam pemasangan sisik ikan memerlukan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi. Sedangkan cara pemeliharaanya yaitu secara kering (dry clean) dan cara penyimpanannya dengan digantung dan diberi kamper.

Saran yang diberikan dalam pembuatan busana panggung dengan hiasan sisik ikan adalah pembuatan busana panggung dapat dikembangkan dengan sumber ide yang lain tetapi masih bernuansa laut misalnya dengan kulit kerang, bintang laut, dan sebagainya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi