Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

216. Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Kompetensi Guru Pada Siswa Kelas Xi Dan Xii Program Rsbi


ABSTRAK

Siswa SMA program RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) menghadapi situasi yang baru dalam proses belajar di sekolah sehingga tuntutan prestasi yang semakin tinggi juga dialami oleh para siswanya. Kondisi tersebut dibutuhkan adanya motivasi berprestasi untuk mencapai standar prestasi yang diharapkan.

Subjek penelitian adalah siswa kelas XI dan XII program RSBI di SMA Negeri 1 Purworejo, dengan subjek penelitian sebanyak 91 siswa. Pemilihan subjek untuk uji coba dilakukan secara cluster random sampling. Seluruh subjek yang belum digunakan pada proses uji coba digunakan seluruhnya sebagai subjek penelitian. Pengambilan data menggunakan dua skala yaitu skala motivasi berprestasi dan skala persepsi terhadap kompetensi guru. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi sederhana.

Penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,469 dengan tingkat signifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel persepsi terhadap kompetensi guru dengan variabel motivasi berprestasi pada siswa kelas XI dan XII program RSBI di SMA Negeri 1 Purworejo. Maka, hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara persepsi terhadap kompetensi guru dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI dan XII program RSBI di SMA Negeri 1 Purworejo, terbukti (hipotesis diterima).

Arah hubungan yang positif dan sangat signifikan mengindikasikan bahwa semakin positif persepsi terhadap kompetensi guru maka semakin tinggi pula motivasi berprestasinya atau semakin negatif persepsi terhadap kompetensi guru maka semakin rendah motivasi berprestasinya. Sumbangan efektif persepsi terhadap kompetensi guru pada motivasi berprestasi siswa kelas XI dan XII program RSBI di SMA Negeri 1 Purworejo sebesar 22% dan 78% berasal dari faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian memberikan masukan bagi siswa, guru, dan sekolah.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi