Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

27. Pelaksanaan Manajemen Keuangan Sekolah (Studi Kasus di SMA Islam Al-Azhar 3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan)


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Disiplin adalah esensial bagi semua kegiatan kelompok yang terorganisasi. Para anggota harus mengendalikan semua keinginan-keinginan pribadinya masing-masing dan bekerja sama untuk kebaikan semua. Dengan kata lain, mereka harus mengikuti dengan layak tata perilaku yang ditetapkan oleh pemimpin sehingga tujuan-tujuan yang telah disepakati itu bisa dicapai. Masalah disiplin merupakan suatu hal yang penting bagi seorang guru. Tanpa adanya kedisiplinan yang besar di dalam setiap diri guru maka alam kelabu akan selalu menutupi dunia pendidikan dan pengajaran. Untuk menjelaskan istilah, pengertian disiplin biasanya disamakan dengan istilah siasat. Untuk pengertian .siasat. dapat ditempuh dengan menjelaskan pengertian ketertiban.

Seorang dikatakan menjalankan ketertiban jika seorang tersebut menjalankan peraturan karena pengaruh dari luar, misalnya guru, kepala sekolah, orang tua dll. Sedangkan seseorang dikatakan bersiasat jika orang tersebut menjalankan peraturan atas dasar ke insafan. Dan kesadaran dari orang tersebut bahwa peraturan harus dijalankan dengan mengingat kepentingan umum dan juga kepentingan sendiri.

Dan disiplin bukanlah tata tertib di sekolah, melainkan sifat tanggung jawab dari anak terhadap peraturan-peraturan di sekolah. Penekanan disiplin dalam dunia pendidikan mutlak diperlukan, terutama untuk mereka yang telah mengikuti pendidikan formal. Disiplin tidak hanya penting untuk masyarakat secara keseluruhan tetapi juga bermanfaat bagi anggota masyarakat secara individual. Dewasa ini aspek kedisiplinan telah mengalami penurunan. Hal ini hampir terjadi di seluruh lapisan masyarakat, baik lapisan atas, menengah, hinggah bawah.

Gejala tersebut ditujukan dengan rendahnya kesadaran masyarakat dalamnya melakukan berbagai pelanggaran terhadap peraturan dan ketentuan hukum tanpa pernah merasa bersalah. Bahkan yang lebih menyedihkan adalah pelanggaran itu dilakukan oleh aparat penegak hukum yang notabene sebagi penegak disiplin dan panutan masyarakat dalam disiplin. Dari gejala ketidak disiplinan masyarakat pada umumnya dan siswa pada khususnya, kita dapat melihat fenomena bahwa dari akibat hal tersebut maka kurang berhasil dalam studi mereka di sekolah yang pada akhirnya akan menjadi beban masyarakat di kemudian hari.

Dan pada umumnya, sistim nilai yang ditekankan dalam dunia pendidikan adalah pencapaian prestasi belajar. Prestasi belajar selanjutnya dijadikan patokan perilaku yang harus dicapai siswa. Dengan menetapkan prestasi belajar sebagai patokan perilaku, guru selalu berusaha agar siswa mencapai patokan tersebut. Sudah barang tentu tidak semua siswa berhasil mencapai prestasi belajar yang telah ditetapkan, akan dipandang sebagai siswa yang mempunyai kemampuan dan usaha yang tinggi oleh guru dan siswa-siswa lainnya. Sebaliknya, siswa yang tidak berhasil mencapai prestasi yang telah di tetapkan akan dipandang sebagi siswa yang tidak atau kurang mempunyai kemampuan dan usaha.

Belajar sebagai proses perusahaan tingkah laku yang terjadi di dalam satu situasi, bukan dalam satu ruang hampa. Situasi belajar ini ditandai dengan motifmotif yang ditetapkan dan diterima oleh murid. Terkadang satu proses belajar tidak dapat mencapai hasil maksimal disebabkan karena kurangnya kedisiplinan
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi