Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

30. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Arab Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dengan Menggunakan Teknik Modeling


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks Arab siswa kelas VII B MTs Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits; (2) Mengetahui format (bentuk) pembelajaran menulis teks Arab dengan menggunakan teknik modeling.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes berupa observasi, dokumentasi, dan interview. Hasil penelitian menunjukkan terdapat keberhasilan dalam menggunakan teknik modeling untuk meningkatkan pembelajaran menulis teks Arab siswa VII B MTs Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil jumlah skor pada tes awal 39.21 menjadi 53.55 pada siklus I dengan peningkatan prosentase 14.34%.

Pada siklus I masih ada lima siswa yang belum menguasai kaidah-kaidah menulis teks Arab dengan benar. Hasil refleksi siklus I menunjukkan adanya kelemahan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan teknk modeling . Hal ini dilihat dari adanya siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menulis teks Arab disebabkan guru terlalu cepat dalam menjelaskan materi dan kurang bisa menguasai kelas. Dengan adanya beberapa kekurangan di atas maka perlu diadakan tindakan pada siklus II.

Pada siklus II siswa mengalami peningkatan yang signifikan dalam menulis teks Arab, dari skor rata-rata nilai tes siklus I 53.55 menjadi 64.87 pada siklus II dengan peningkatan prosentase 11.32 %. Penyebab peningkatan ini karena guru menata kembali formasi tempat duduk siswa dan penyampaian materi dapat diterima siswa dengan baik. Hasil refleksi siklus II menunjukkan guru mampu membenahi perannya dalam proses pembelajaran menulis teks Arab dengan teknik modeling, sehingga peningkatan kemampuan menulis teks Arab siswa dapat tercapai dengan baik. Oleh karena itu pelaksanaan tindakan dihentikan.

Hasil penelitan tersebut diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukkan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi