Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

55. Nilai-Nilai Edukatif Dalam Tasawuf Telaah Terhadap Tawajuhan Pada Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah K.H. Arwani Kudus


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Dewasa ini umat seluruh dunia sedang dialanda kegoncangan yang luar biasa akibat proses globalisasi yang bersifat mendunia. Proses globalisasi ini adalah berkat dari kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi yang nggegirisi. Akibatnya tak ada masyarakat yang bisa mengasingkan diri dari pengaruh peradaban global, betapapun mereka berada di daerah terpencil.

Dalam proses globalilsasi, masyarakat dan negara-negara timur terutama adalah Indonesia, kini dilanda oleh keprihatian yang luar biasa. Keprihatianan semacam itu adalah wajar, lantaran dalam proses globalisasi dewasa ini negeri-negeri Timur termasuk di dalamnya Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang mau tidak mau demi kemajuan, mereka dipaksa untuk menerima dan membuka diri dari membanjirnya pengaruh kebudayaan Barat. Menutup diri dan menghindari dari dominasi kebudayaan Barat berarti bunuh diri, sebab akan tertinggal dari arus kemajuan zaman modern tersebut. Tidak akan ada gunanya kita mengurung diri, lantaran menurut “sunatullah” gerak peradaban itu laksana air yang pasti mengalir dari tempat yang tinggi menggenangi daerah-daerah yang lebih rendah. Gerak pengaruh Barat ini tidak akan bisa dibendung. Karena setiap upaya untuk membendungnya, tentu tanggulnya akan jebol dan umatnya justru akan hanyut serta glagepan karena tidak dipersiapkan untuk menghadapi arus perubahan dari peradaban Barat tersebut.

Modernisasi yang merupakan buah karya --secara langsung atau tidak--dari proses Renaisance atau Aufklarung yang terjadi di Barat sekitar lima abad yang lalu, telah mendominasi pandangan masyarakat manusia dewasa ini. Hampir sudah menjadi kepercayaan semua orang bahwa tiada sela-sela dalam kehidupan kita baik dalam aspek sosial, budaya, politik, ekonomi maupun pendidikan yang tidak bisa lepas dari pengaruh modernisme. Sehingga term modern itu sendiri yang merupakan akar dari term modernisme dan modernisasi yang selalu menjadi simbol trend atas kata yang menyertainya, misalnya kata modern, gaya hidup modern, negera bangsa modern (modern-nation-state), tasawuf modern dan lain-lain. Oleh karena itu, nilai-nilai yang dihasilkan atas nama modernisme seolah-olah merupakan suatu keniscayaan (a must) yang harus diikuti oleh semua orang.

Diatas kondisi multikulturlisme, sebenarnya tersimpuh pemikiran yang berlandaskan pendaman-pendaman wisdom yang menggelontorkan pemikiran yang substansial, universal dan integral melalui jalur yang emansipatoris, moralis dan spiritual. Sebuah pengayaan proses pendidikan yang berlambar nilai-nilai adiluhung tasawuf dengan tujuan praksis social. Tasawuf sebenarnya bukan penyikapan pasif atau apatis terhadap kenyataan sosial. Tasawuf sebenarnya mempunyai peranan yang cukup besar di dalam mewujudkan sebuah “revolusi spiritual” di masyarakat.

Berdasarkan gambaran tersebut diatas, jelas bahwa masyarakat sekarang ini memerlukan adanya pendidikan yang perlu dikembalian pada “pusat eksistensi” atau pusat spiritual. Dalam kondisi yang semacam ini kondisi yang perlu dikembalikan adalah penguatan pendidikan yang berbasis spiritualitas yang akan meneguhkan otentisitas kemanusiaan yang senantiasa dicitrai oleh ketuhanan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi