Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

147. Perancangan Program Pelatihan Kompetensi Teknikal Studi Kasus Di Bagian Pengembangan Dan Pelayanan

ABSTRAKSI

Lingkungan bisnis yang semakin dinamis mempengaruhi seluruh aspek perusahaan termasuk dalam penegelolaan sumber daya manusia. Manajemen SDM bertanggungjawab dalam mengembangkan pegawai sehingga mempunyai kompetensi tinggi. Kompetensi adalah kemampuan seseorang terlihat dari konsep diri, karakter, dan motif, keahlian dan pengetahuan yang dimiliki dalam menjalankan perannya dalam perusahaan. Setiap pegawai harus memiliki kompetensi teknikal maupun non-teknikal untuk mendukung tercapainya sasaran peruasahaan secara keseluruhan. Manajemen SDM berbasis kompetensi menjadi acuan dalam proses perekrutan, seleksi, penempatan, pengembangan sumberdaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan program pelatihan berbasis kompetensi teknikal (hard competence) di Bagian Pengembangan dan Pelayanan Sumber Daya Manusia PT INTI Bandung. Perancangan model kompetensi teknikal menggunakan pendekatan alur kerja atau proses bisnis (work flow approach). Pendekatan ini memetakan aliran kerja atau proses bisnis sebagai acuan untuk menentukan kompetensi yang dibutuhkan. Berdasarkan proses bisnis ini kemudian dijabarkan menjadi dimensi kompetensi teknikal dalam kelompok jabatan. Proses berikutnya adalah membuat rancangan program pelatihan untuk setiap level dengan mengacu pada kebutuhan kompetensi teknikal di setiap level jabatan.

Perancangan model kompetensi teknikal dengan pendekatan aliran kerja dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu (1) Pengumpulan data; (2) Analisa terhadap uraian tugas jabatan; dan (3) Validasi. Asisten Manager Pengembangan Organisasi menjadi nara sumber dalam tahap validasi untuk menilai signifikansi dimensi kompetensi teknikal dan rancangan program pelatihan dengan strategi bisnis dan proses implementasinya. Dimensi kompetensi teknikal untuk Bagian Pengembangan dan Pelayanan Sumber Daya Manusia di PT Inti terdiri dari perekrutan, seleksi, hubungan kerja, penilaian kinerja, penghargaan dan disiplin kerja, sistem kompensasi, sistem tunjangan, sistem fasilitas, kesehatan dan keselamatan kerja, orientasi, sistem pengembangan, sistem informasi sumber daya manusia, dan rencana pensiun. Beberapa rekomendasi menjadi prioritas dalam proses implementasi program pelatihan. Rekomendasi tersebut antara lain pemilihan metode pelatihan off the job training untuk level Asisten Manager dan on the job training level Pelaksana Pratama dan Pelaksana Madya, pengukuran tingkat kompetensi teknikal karyawan saat ini dan sebagainya. Beberapa kebutuhan pelatihan yang juga perlu dipersiapkan, mencakup kebutuhan tenaga instruktur, keuangan, waktu dan fasilitas.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi