Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

244. Analisis Simpanan Dan Pembiayaan Pada Baitul Maal Watamwil (Bmt) ‘Anda” Semarang


SARI

Munculnya banyak lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah termasuk BMT merupakan bukti awal diterimanya sistem ekonomi berdasarkan syariah ditengah masyarakat yang sudah sedemikian maju. Dan semakin maraknya pendirian BMT dan kebebasan masyarakat menentukan pilihan menimbulkan tingkat persaingan yang tinggi di BMT tersebut. Hal ini mendorong BMT tersebut untuk menerapkan berbagai strategi untuk dapat memenangkan persaingan. Salah satunya dengan menawarkan produk-produk simpanan dan pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan, selera, minat dan tujuan masyarakat. BMT yang melandaskan operasionalnya pada prinsip syariah menawarkan produk-produk baik dalam penghimpunan maupun penyaluran dananya. Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada perbedaan simpanan Mudharobah, simpanan nikah mudharobah dan simpanan berjangka mudharobah, (2) apakah ada perbedaan antara pembiayaan Musyarokah, pembiayaan BBA dan pembiayaan ijaroh. Tujuanya adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan perubahan kenaikan antara simpanan Mudhrobah, simpanan nikah mudharobah dan simpanan berjangka Mudharobah, (2) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan perubahan kenaikan pembiyaan musyarokah, pembiayaan BBA dan pembiayaan ijaroh.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kasus dengan obyek penelitian BMT “ANDA” Semarang. Pengambilan data dilakukan metode dokumentasi dan metode wawancara. Metode dokumentasi di lakukan untuk memperoleh data sekunder tentang laporan keuangan bulanan pada BMT “ANDA” dari tahun 2001-2003, sedang metode wawancara untuk memperoleh data primer dari pihak-pihak yang berkompeten di BMT. Adapun analisis yang digunakan dengan menggunakan statistic diskriptive dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara mudharobah, berjangka mudharobah dan nikah mudharobah pada BMT Anda Semarang yang ditunjukan Dilihat dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = 2 diperoleh χ2 tabel sebesar 5,99. Karena χ2 < χ2 tabel dan p value > 0,05 yang berarti Ho diterima, dengan kata lain tidak ada perbedaan prosentase peningkatan simpanan antara Mudharobah, Mudharobah Berjangka dan Nikah Mudharobah.

Untuk Pembiayaan hasil penelitian menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan pada pembiayaan BBA, Musyarokah, dan Ijaroh pada BMT Anda Semarang yang ditunjukan Pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 2 diperoleh χ2 tabel sebesar 5,99. Karena χ2 < χ2 tabel dan p value > 0,05 yang berarti Ho diterima, dengan kata lain tidak ada perbedaan prosentase peningkatan pembiayaan BBA, Musyarokah, dan Ijaroh pada BMT Anda Semarang.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi