Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

261. Pengaruh Earning Per Share (Eps), Dividen Per Share (Dps) Dan Financial Leverage (Fl) Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur


SARI

Naik turunnya harga saham tergantung dari kekuatan tarik menarik antara permintaan dan penawaran akan saham di pasar modal. Pemahaman akan harga saham dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahannya sangat penting karena dapat memberikan informasi bagi pemodal atau calon pemodal dalam melakukan investasi berupa saham. Bagi investor informasi tentang Earning Per Share (EPS), Dividen Per Share (DPS) dan Financial Leverage (FL) menjadi kebutuhan yang sangat mendasar dalam kebutuhan pengambilan keputusan. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Pengaruh Earning Per Share (EPS), Dividen Per Share (DPS), dan Financial Leverage (FL) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur di BEJ. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui apakah ada pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham perusahaan manufaktur di BEJ periode 2000-2002, 2) Mengetahui apakah ada pengaruh Dividen Per Share (DPS) terhadap harga saham perusahaan manufaktur di BEJ periode 2000-2002, 3) Mengetahui apakah ada pengaruh Financial Leverage (FL) terhadap harga saham perusahaan manufaktur di BEJ Periode2000-2002 dan 4) Mengetahui apakah ada pengaruh antara Earning Per Share (EPS), Dividen Per Share (DPS) dan Financial Leverage (FL) secara bersama-sama terhadap harga saham perusahaan manufaktur di BEJ periode 2000-2002.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan go public (emiten) sektor manufaktur yang sahamnya tercatat di BEJ periode Januari 2000 sampai Desember 2002. Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik ini memilih kelompok target tertentu untuk memperoleh informasi. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah sebanyak 33 perusahaan manufaktur. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari EPS, DPS dan FL sebagai variabel bebas dan harga saham sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk mendapatkan data mengenai EPS, DPS, FL dan harga saham. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda.

Berdasarkan hasil analisis regesi ganda diperoleh persamaan regesi Yˆ = 1672,565 + 1,782X1 + 0,523X2 – 388,650X3. Uji keberartian persamaan regesi dengan uji diperoleh Fhitung = 25.588 dengan harga signifikansi sebesar 0,000. Karena harga signifikansi yang diperoleh kurang dari 0,05, yang berarti ada pengaruh secara simultan antara EPS, DPS dan FL berpengaruh terhadap harga saham. Hasil uji parsial diperoleh t1 =5,630 dengan harga signifikansi 0,000 < 0,05, hal ini berarti ada pengaruh antara EPS terhadap harga saham, t2 = 0,346 dengan signifikansi 0,732 > 0,05, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara DPS terhadap harga saham, dan t3 = -0,378 dengan signifikansi 0,708 > 0,05, hal ini berarti bahwa tidak ada pengaruh antara FL terhadap harga saham. Besarnya pengaruh secara simultan antara EPS, DPS dan FL terhadap harga saham adalah 58,8%. Besarnya pengaruh masing-masing variabel yaitu EPS terhadap harga saham yaitu 52,27%, DPS terhadap harga saham yaitu 0,41% dan FL terhadap harga saham yaitu 0,49%. Karena pengaruh DPS dan FL relatif sangat kecil maka dapat diabaikan.

Mengacu dari hasil penelitian, dimana EPS berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham, maka peneliti dapat mengajukan beberapa saran antara lain : 1) Bagi perusahaan-perusahaan manufaktur yang go public dan ikut menjual sahamnya di BEJ hendaknya meningkatkan EPSnya agar saham-saham dari perusahaan tersebut menjadi prioritas investor dalam membeli sahamnya sehingga harga saham perusahan tersebut dapat meningkat, dan 2) Selain memperhatikan keadaan perusahaan, kondisi umum industri yang sejenis, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kondisi dan prospek perusahaan di masa yang akan datang, kondisi perdagangan efek, fluktuasi kurs, volume transaksi, lingkungan yaitu yang mencakup kondisi ekonomi, politik, dan keamanan negara hendaknya para investor juga memperhatikan EPS dan DPS sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan transaksi pembelian saham.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi