Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

311. Pengaruh Pengawasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pelintingan Di Perusahaan Rokok Kretek Sukun


SARI

Faktor manusia memegang peranan penting dalam mencapai hasil sesuai dengan tujuan perusahaan, karena betapapun sempurnanya peralatan kerja tanpa adanya tenaga manusia tidak akan berhasil memproduksi barang dan jasa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penurunan produktivitas kerja Perusahaan disebabkan kurangnya pengawasan kerja dan kurangnya sikap disiplin kerja karyawan.

Permasalahan :1) Adakah pengaruh pengawasan kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitaas kerja karyawan bagian produksi pelintingan?, 2) Seberapa besar pengaruh pengawasan kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi pelintingan?. Tujuan : 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengawasan kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karayawan bagian produksi pelintingan 2) Untuk menegtahui seberapa besar pengaruh pengawasan kerja dan disiplin kerja Terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi pelintingan. Alat pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier ganda. Populasi yang menjadi obyek penelitian adalah seluruh karyawan bagian produksi pelintingan yang berjumlah 59 karyawan, dan digunakan sebagai sempel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan kerja termasuk kategori baik dengan persentase 68,60%, disiplin kerja karyawan termasuk kategori baik dengan persentase 67,33% dan produktivitas kerja karyawan termasuk kategori cukup tinggi dengan rata-rata hasil produksi tiap karyawan sebanyak 712 batang perjam. Dari hasil analisis regresi ganda diperoleh persamaan regresi Y)= 181,033 + 11,110X1 +8,657X2. Uji keberartiannya menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 46,487 dengan signifikansi 0,000. Karena harga signifikansi kurang dari 0,05 hal ini berarti ada pengaruh antara pengawasan kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi pelintingan. Besarnya pengaruh tersebut secara simultan yaitu 62,4%, sisanya sebesar 37,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti, sedangkan besarnya pengaruh secara parsial dari pengawasan kerja adalah 29,92% dan disiplin kerja adalah 21,44%.

Disimpulkan : 1) Variabel pengawasan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan yang ditunjukkan pada uji signifikan yaitu t hitung > t tabel sebesar 4,889 > 2,00, hasil analisis deskriptif persentase sudah termasuk dalam kategori baik yaitu 68,60% 2) Variabel disiplin kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan yang ditunjukkan pada uji signifikan yaitu t hitung > t tabel sebesar 3,907 > 2,00, hasil analisis deskreptif persentase kategori baik yaitu 67,33%.

Saran : 1) Dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja karyawan bagian produksi pelintingan pada Perusahaan Rokok Kretek Sukun Mc Wartono Kudus dapat ditempuh dengan meningkatkan variabel pengawasan kerja terutama pengawasan terhadap penyimpangan hasil kerja. Usaha peningkatan pengawasan ini lebih baiknya dilakukan secara langsung, karena dilihat dari cukup besarnya penyimpangan hasil kerja yang dilakukan karyawan. Dengan memantau secara langsung maka karyawan secara langsung dapat ditegur dan dapat memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. 2) Pihak manajemen perusahaan hendaknya memperhatikan kembali kedisiplinan kerja karyawan yang kurang baik yaitu dengan cara melakukan pendisiplinan pada karyawan, terutama pendisiplinan dalam hal berpakaian rapi, dan penggunaan perlengkapan atau peralatan. Usaha peningkatan pendisiplinan ini lebih baiknya dalam hal berpakaian rapi ini dilakukan dengan cara, perusahaan membuat seragam kerja untuk karyawan, dan dalam hal penggunaan perlengkapan atau peralatan kerja ini dilakukan dengan cara, setiap karyawan harus dilengkapi dengan alat linting saat bekerja dan dalam menggunakan alat linting kerja tersebut karyawan diberi tahu untuk berhati-hati.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi