Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

329. Pengaruh Earning Per Share (Eps) Dan Price Earning Ratio (Per) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta


SARI

Pasar modal merupakan salah satu tempat bagi investor untuk menginvestasikan modal dengan harapan memperoleh imbalan berupa return atas investasinya. Investasi saham sangat rentan terhadap situasi politik dan ekonomi, bursa saham akan bereaksi bila terjadi kemelut dalam negeri. Laporan keuangan perusahaan diharapkan dapat memberi informasi bagi calon investor dan calon kreditor guna mengambil keputusan terkait dengan investasi dana mereka. Salah satu alat untuk menganalisis return saham adalah analisis ratio keuangan diantaranya EPS (Earning Per Share) dan PER (Price Earning Ratio)

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa besar EPS dan PER berpengaruh terhadap return saham (2) Seberapa besar EPS berpengaruh terhadap Return saham (3) Sejauhmana PER berpengaruh terhadap return saham. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh EPS dan PER terhadap return saham (2) mengetahui pengaruh EPS terhadap return saham (3) Mengetahui pengaruh PER terhadap return saham.

Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta selama tahun 2004 yang berjumlah 150 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional cluster random sampling diperoleh 60 perusahaan. Variabel bebas yang yang diteliti dalam penelitian ini yaitu, (1) EPS (2) PER dan variabel terikatnya adalah return saham. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory dan Jakarta Stock Exchange. Metode analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif dan analisis inferensial analisis regresi linier berganda, (Uji F dan Uji t), koefisien determinasi dan evaluasi ekonometri (uji multikolinearitas, heterokedastisitas dan uji normalitas data).

Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi: Y =0,261 + 0,00033 EPS-0,00278 PER. Hasil penelitian menunjukkan EPS dan PER secara simultan mempengaruhi return saham sebesar 14,3% dan sisanya 85,7 % di pengaruhi faktor lain diluar penelitian yang tidak diungkap, yang ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,143. Nilai F hitung 4,736 dengan signifikansi 0,013 (0,013<0,05). Secara Parsial EPS berpengaruh terhadap return saham dengan nilai signifikansi sebesar 0,004. Sedangkan PER secara parsial tidak berpengaruh terhadap return saham dengan nilai signifikansi sebesar 0,351. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan secara simultan ada pengaruh antara EPS dan PER terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di BEJ. Secara parsial EPS berpengaruh terhadap return saham sedangkan PER tidak berpengaruh terhadap return saham. Dengan demikian hanya variabel EPS yang berpengaruh terhadap return saham, namun selain EPS para investor juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor fundamental lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini misalnya ROE, CR, PBV dan lain-lain.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi