Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

334. Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Ponsel Nokia (Studi Kasus Konsumen Pada Nokia Professional Center Semarang)


SARI

Kepuasan konsumen merupakan fungsi dan persepsi / kesan atas kinerja dan harapan. Jika kinerja memenuhi atau bahkan melebihi harapan, maka konsumen akan puas. Banyak faktor yang mempenngaruhi kepuasan konsumen, salah satunya adalah strategi diferensiasi yang diterapkan perusahaan, sebab penciptaan produk yang memiliki keunikan tersendiri dari produk pesaing dan sesuai dengan keinginan / selera konsumen akan mampu menciptakan kepuasan konsumen. Mengacu dari uraian tersebut penulis tertarik melakukan kajian tentang “Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Ponsel Nokia Pada Nokia Profesional Center Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi diferensiasi yang terdiri dari strategi diferensiasi berbasis fungsi produk, bentuk produk dan atribut subyektif dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dalam menggunakan suatu produk.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen ponsel Nokia pada Nokia Professional Centre, Jalan Sriwijaya 63 Semarang. Penentuan sampel dilakukan dengan accidental sampling sedangkan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus dari Supranto dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari strategi diferensiasi berbasis fungsi produk, bentuk produk dan atribut subyektif sebagai variabel bebas dan kepuasan konsumen sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensial berbasis fungsi produk Nokia telah baik (75,90%), strategi diferensiasi berbasis bentuk produk telah baik (73,47%), diferensiasi berbasis atribut subyektif telah baik (75,90%) dan kepuasan konsumen telah masuk dalam kategori puas (74,65%). Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi :Yˆ = 8,804 + 0,370X1 + 0,424X2+ 0,172X3. Uji keberartian koefisien regresi dengan uji t diperoleh thitung untuk variabel strategi diferensiasi berbasis fungsi produk sebesar 4,422 dengan signifikansi 0,000, thitung untuk variabel strategi diferensiasi berbasis bentuk produk sebesar 4,926 dengan signifikansi 0,000, dan thitung untuk variabel strategi diferensiasi berbasis atribut subyketif sebesar 2,122 dengan signifikansi 0,036. Karena harga signifikansi dari ketiga variabel kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa strategi diferensiasi berbasis fungsi produk, bentuk produk dan atribut subyektif secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. adapun besarnya pengaruh dari masing-masing variabel tersebut adalah 16,9%, untuk variabel strategi diferensiasi berbasis fungsi produk, 20,2% untuk variabel strategi diferensiasi berbasis fungsi produk, 4,5% untuk variabel atribut subyektif terhadap kepuasan konsumen adalah 4,5%. Dari hasil uji F diperoleh F hitung = 66,614 dengan harga signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama-sama strategi diferensiasi berbasis fungsi produk, bentuk produk dan atribut subyektif secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan besarnya pengaruh tersebut adalah 66,5%.

Mengacu dari hasil penelitian, maka penulis mengajukan saran antara lain : 1) Perusahaan hendaknya berusaha mengeluarkan ponsel terbaru dengan desain berbeda dari produk sebelumnyamaupun produk lain untuk memenuhi selera konsumen yang mudah berubah, serta diikuti inovasi fungsi dan fasilitas tambahan seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna ponsel yang semakin komplek guna memenangkan pasar dari persaingan yang semakin ketat. 2) Selain strategi diferensiasi berbasis fungsi dan produk, penerapan strategi diferensiasi berbasis atribut subyektif juga perlu diperhatikan, karena melalui strategi ini perusahaan dapat memperkenalkan produknya untuk menarik minat konsumen dari kegiatan promosi, publisitas maupun periklanan yang dilakukan.. 3) Perlu kiranya dilakukan penelitian sejenis dengan mengambil variabel yang lebih luas seperti harga, pelayanan purna jual, daya tahan produk dan sebagainya untuk memberikan informasi yang lebih lengkap tentang faktor-faktor dapat memuaskan konsumen berkaitan dengan produk Nokia.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi