Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

337. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Beserta Pengeluaran Pembangunan Di Kabupaten Blora


SARI

Dalam menghadapi kondisi otonomi daerah, maka Kabupaten Blora harus memiliki kesiapan dan kemantapan sumber-sumber dana bagi pembiayaan pembangunan yang mutlak diperlukan untuk mewujudkan Kabupaten Blora menjadi daerah yang mandiri dari ketergantungan pemerintah pusat. Oleh karena itu dengan meninjau kembali pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blora yang tidak banyak diikuti dengan pertumbuhan pengeluaran pembangunannya, maka hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian di Kabupaten Blora.

Permasalahan yang diungkap melalui penelitian ini: 1) Adakah pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pendapatan asli daerah beserta pengeluaran pembangunan di Kabupaten Blora? 2) Seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pendapatan asli daerah beserta pengeluaran pembangunan di Kabupaten Blora? 3) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi fluktuasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blora? Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Blora. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Blora. 3) Mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pengeluaran pembangunan di Kabupaten Blora. 4) Mengetahui seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pengeluaran pembangunan di Kabupaten Blora. 5) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi pertumbuhan ekonomi daerah di Kabupaten Blora.

Hipotesis dalam penelitian ini adalah hipotesis sebagai berikut: 1) Ada pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Blora. 2) Ada pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pengeluaran pembangunan di Kabupaten Blora. Sedangkan populasi sekaligus sampelnya adalah laporan realisasi APBD Kabupaten Blora tahun 2000-2004, ada 3 variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Pertumbuhan ekonomi daerah, 2) Pendapatan Asli Daerah, 3) Pengeluaran Pembangunan. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan wawancara. Sesuai dengan permasalahan dan hipotesis dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan yaitu dengan time series, regresi dan deskriptif persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi daerah dengan indikator PDRB dan pendapatan perkapita mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Blora, ditunjukkan dari hasil uji parsial dengan t hitung sebesar 5,679 dengan probabilitas 0,011 < 0,05, namun pertumbuhan ekonomi daerah dengan indikator PDRB dan pendapatan perkapita tidak berpengaruh signifikan terhadap pengeluaran pembangunan. Besarnya pengaruh pertumbuhan ekonomi dengan indikator PDRB dan pendapatan perkapita terhadap pendapatan asli daerah sebesar 91,5%, sedangkan total pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah dengan indikator PDRB dan pendapatan perkapita terhadap pengeluaran pembangunan sebesar 3,3%. Faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blora yaitu faktor ekonomi seperti adanya krisis ekonomi, kontribusi sektor-sektor PDRB, inflasi; faktor politik karena adanya pemilu; faktor sosial budaya yang terkait dengan masalah demografi, ketenagakerjaan dan juga konsumsi masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang ditujukan kepada pemerintah daerah Kabupaten Blora agar pemerintah daerah: 1) meningkatkan jumlah PDRB, yaitu melalui upaya pengembangan sektor pertanian dengan sistem irigasi. Kemudian peningkatan sektor industri (meubelair) diharapkan tetap harus mendapat perhatian serius, karena bahan baku yang tersedia cukup berlimpah. 2) Mengupayakan peningkatan pendapatan asli daerah Kabupaten Blora dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui perbaikan fasilitas objek pajak, kemudian pengembangan pariwisata Kabupaten Blora sudah saatnya untuk dilakukan sebagai alternatif penambahan objek pajak baru. Selanjutnya pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik untuk merangsang masyarakat dalam membayar retribusi 3) Meningkatkan efisien dan efektivitas penggunaan anggaran belanja pembangunan dan diharapkan pemerintah Kabupaten Blora dapat memberikan sarana dan pasarana untuk pembangunan jalan serta pembangunan sumber daya manusia.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi