Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

38. Model Pembelajaran Electro-Edutainment Dengan Pendekatan Game Simulation


ABSTRAK

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah adanya penggunaan model pembelajaran Teacher Center Learning (TCL) yang dari awal sampai akhir sebagian besar dari proses pembelajaran dikendalikan guru, mengakibatkan siswa pasif dan hasil belajar siswa masih rendah. Penerapan model pembelajaran electro-edutainment dengan pendekatan game simulation dapat dilakukan sebagai salah satu solusi. Model pembelajaran electro-edutainment dengan pendekatan game simulation adalah konsep model yang menyenangkan sehingga menimbulkan atau memotivasi siswa untuk belajar dan dengan strategi bermain sebagai upaya untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran electro-edutainment dengan pendekatan game simulation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan ingin mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran electro-edutainment dengan pendekatan game simulation.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang di dalamnya terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian berlangsung selama 3 siklus. Siklus I dengan pendekatan game simulation Teka Teki Silang (TTS), siklus II dengan Teams Games Turnament (TGT) dan siklus III berupa kuis kelompok. Metode yang di terapkan yaitu metode dokumentasi, observasi, angket dan tes.

Hasil penelitian berupa hasil belajar kognitif yang di peroleh pada siklus I sampai dengan siklus III rata-ratanya 65,97; 71,97 dan 87,43 dengan ketuntasan klasikal 61,12 %; 77,78 % dan 94,45%. Peningkatan rata rata hasil belajar afektif dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 2,66 dengan ketuntasan klasikal yang konstan. Sedangkan peningkatan rata rata hasil belajar afektif dari siklus II sampai dengan siklus III sebesar 3,47 dengan ketuntasan klasikal meningkat 2,78 %. Rata-rata hasil belajar psikomotorik dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 5,32 dengan ketuntasan klasikal meningkat 10,71%. Sedangkan peningkatan rata rata hasil belajar psikomotorik dari siklus II sampai dengan siklus III sebesar 4,17 dengan ketuntasan klasikal meningkat 3,58 %. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran electro-edutainment dengan pendekatan game simulation pada kompetensi mengoperasikan peralatan video secara umum termasuk kategori positif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran electro-edutainment dengan pendekatan game simulation terjadi peningkatan pada hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotorik) siswa dan mendapatkan tanggapan positif dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan semua perangkat pembelajaran dan instrumen sebaiknya diujicobakan terlebih dahulu supaya tidak diragukan valid dan tidaknya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi