Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

48. Efektivitas Konsentrasi Dan Temperatur Larutan Feriklorida (Fecl3) Terhadap Kecepatan Pelarutan Printed Circuit Board (Pcb)


ABSTRAK

Proses pembuatan PCB dilakukan dengan cara melarutkan papan pertinak yang telah digambari jalur kedalam larutan kimia. Larutan yang digunakan untuk melarutkan PCB dalam penelitian ini adalah larutan feriklorida (FeCl3). Dalam pembuatan PCB, kendala yang sering muncul dan tidak disadari oleh banyak orang adalah waktu pelarutan PCB. Pelarutan PCB pada temperatur ruang dan konsentrasi kecil akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk melarutkannya. Jika permukaan yang akan dilarutkan banyak, maka waktu yang dibutuhkan untuk melarutkan juga semakin lama.

Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai pelarutan PCB dengan menggunakan konsentrasi dan temperatur larutan yang bervariasi. Pelarutan dilakukan dengan konsentrasi 0,5 M, 1M dan 1,5 M dengan variasi temperatur larutan 50oC, 60oC dan 70oC.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa penambahan konsentrasi dan temperatur larutan akan mempercepat waktu pelarutan. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikan (_ ) = 5%, diperoleh Fhitung untuk faktor konsentrasi larutan 3297.2794>Ftabel 3.11 dengan sehingga diperoleh kenyataan faktor konsentrasi berpengaruh pada kecepatan pelarutan PCB. Fhitung untuk faktor temperatur larutan 1092.1374>Ftabel 3.11, sehingga diperoleh kenyataan faktor temperatur berpengaruh pada kecepatan pelarutan PCB. Sedangkan Fhitung untuk faktor interaksi konsentrasi dan temperatur larutan 195.2762>Ftabel 2.48, sehingga diperoleh kenyataan faktor konsentrasi dan temperatur berpengaruh pada kecepatan pelarutan PCB.

Berdasarkan hasil dalam penelitian ini, disarankan, pelarutan PCB dengan ukuran kecil sebaiknya menggunakan larutan feriklorida dengan konsentrasi larutan 1,5M dan temperatur 70oC, mengingat konsentrasi yang tinggi dapat menyebabkan jalur pada rangkaian rusak. Saat melarutkan menggunakan sarungtangan dari bahan plastik agar tidak terjadi iritasi. Pada penelitian selanjutnya hendaknya dilakukan dengan mengubah – ubah kecepatan putar dari larutan feriklorida, melakukan pelarutan dengan bahan pelarut selain feriklorida, serta menggunakan papan pertinak dengan ketebalan yang bervariasi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi