Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

54. Panel Sistem Pengisian _Charging System_ Type Konvensional Dan Ic Regulator


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pada suatu kendaraan (mobil) sumber tenaga yang berupa arus listrik diperoleh dari baterai dimana kapasitas baterai sangatlah terbatas, bila pada mobil hanya mengandalkan baterai saja sebagai sumber listrik, akibatnya hanya dalam beberapa jam saja arus baterai akan habis. Untuk itu pada mobil dilengkapi dengan pembangkit tenaga listrik AC yang biasa disebut Altenator.

Penggunaan Alternator dapat menghasilkan arus listrik yang lebih besar dari pada dinamo karena Altenator adalah generator listrik 3 phase yang dilengkapi dengan rectifier untuk mensuplai tenaga listrik DC dan biasanya terdiri dari generator 3 phase dan rectifier. Alternator mempunyai beberapa keunggulan diantaranya, arus yang dibangkitkan oleh Alternator lebih mampu mencukupi kebutuhan listrik untuk menggerakkan peralatan tambahan yang sekarang ini banyak digunakan pada mobil, umur penggunaan sikat lebih panjang, dan pada saat putaran tanpa beban Alternator akan tetap mengisi baterai. Walaupun mobil yang digunakan tidak berjalan tetapi mesin dalam keadaan hidup, sistem pengisian akan tetap bekerja dengan baik.

Sistem kelistrikan pada mobil diantaranya sistem stater untuk menghidupkan mesin, sistem pengapian, sistem pengisian, dan perlengkapan listrik lainnya. Menurut Daryanto (1999 : 334) sistem pegisian akan mengisi baterai selama kendaraan berjalan atau mesin berputar supaya baterai terisi penuh untuk memberikan arus yang cukup pada bagian-bagian kelistrikan selama mesin bekerja.

Baterai hanya dapat diisi oleh arus DC, untuk merubah arus AC menjadi DC digunakan retifier atau dioda yang biasanya di pasang pada bagian dalam Alternator. Mengingat kegunaan dari baterai yang mempunyai fungsi yaitu menyuplai arus listrik pada kendaraan tersebut tentu akan menyebabkan turunnya kemampuan atau tegangan baterai. Hal ini akan mempengaruhi kinerja sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan. Oleh karena itu sistem kendaraan harus mempunyai sistem pengisian yang baik agar baterai selalu dalam kondisi terisi penuh.

Sistem pengisian pada mobil mempunyai peranan yang sangat penting, untuk itu kondisinya harus diperhatikan. Kondisi sistemnya harus dalam keadaan baik guna mendukung kelangsungan hidup suatu mesin. Hal-hal yang mendasari
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi