Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

67. Pengaruh Tekanan Terhadap Kecepatan Memindah Material Actuator Motor Pneumatik 900


ABSTRAK

Penelitian tentang pengaruh tekanan terhadap kecepatan memindah material actuator motor pneumatik 900 bertujuan untuk membuat sebuah miniatur mesin pemindah material dengan sistem kontrol elektropneumatik dan mengetahui hubungan tekanan udara pada sistem pneumatik terhadap kecepatan pemindah material. Besarnya tekanan pada sistem pneumatik sangat berpengaruh terhadap kecepatan aktuator motor pneumatik 900 dalam memindahkan material dengan sistem kontrol elektropneumatik. Pengaturan katup pengatur tekanan menentukan besarnya tekanan udara yang berasal dari kompresor yang masuk ke sistem pneumatik yang selanjutnya akan menggerakkan silinder pneumatik.

Permasalahan yang akan diangkat dalam pembuatan skripsi ini adalah tentang ada tidaknya pengaruh tekanan terhadap kecepatan memindah material actuator motor pneumatik 900.

Alat yang digunakan sebagai obyek penelitian adalah sebuah miniatur sistem pneumatik pemindah material dengan kontrol elektropneumatik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa waktu yang dibutuhkan dalam pemindahan material dari tempat yang satu ke tempat yang lain sebesar 900. Variabel yang diteliti ada 2, yaitu variasi tekanan sebesar 2,5 kgf/cm2, 3 kgf/cm2, 3,5 kgf/cm2, 4 kgf/cm2, 4,5 kgf/cm2,5 kgf/cm2, 5,5 kgf/cm2, sebagai variabel bebas dan kecepatan memindah material aktuator motor pneumatik 900 sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan dalam mengolah data adalah metode Korelasi Product Moment yaitu mencari seberapa besar pengaruh tekanan terhadap kecepatan memindah material aktuator motor pneumatik 900.

Hasil analisa Korelasi Product Moment dihasilkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,99 yang berarti memiliki taraf hubungan yang tinggi, artinya semakin besar tekanan maka kecepatan aktuator pneumatik 900 dalam memindahkan material semakin cepat. Koefisien determinasi (r2) sebesar 0,95 yang berarti bahwa 95% kecepatan pemindahan material dipengaruhi oleh besarnya tekanan sedangkan 5% lainnya dipengaruhi faktor dari luar.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi