Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

67. Perbedaan Rugi Tegangan Pada Resistor Yang Menggunakan Dan Yang Tidak Menggunakan Rangkaian Penyangga


ABSTRAK

Penelitian eksperimen ini adalah untuk mempelajari fenomena sebab akibat pada pengukuran tegangan listrik DC pada resistor dengan memberi rangkaian penyangga. Pada penelitian eksperimen subyek dibagi dua, yaitu satu kelompok tidak diberi perlakuan (kelompok kontrol) dan yang satu diberi perlakuan (kelompok eksperimen). Efek perlakuan pada kelompok eksperimen diobservasikan dan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pemberian perlakuan dalam penelitian ini adalah proses pengukuran tegangan listrik DC pada resistor tetap dengan diberi rangkaian penyangga. Dari perbedaan proses pengukuran tegangan DC tersebut akan diteliti apakah ada perbedaan pengukuran tegangan listrik DC pada resistor yang menggunakan rangkaian penyangga dan yang tidak menggunakan rangkaian penyangga.

Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil pengukuran rugi tegangan listrik DC pada resistor tetap yang menggunakan dan yang tidak menggunakan rangkaian penyangga dan mengetahui hasil yang lebih mendekati nilai sebenarnya diantara kedua pengukuran tersebut.

Populasi penelitian ini adalah resistor tetap yang ada di pasaran. Sampel digunakan 20 buah resistor tetap yang mamiliki nilai hambatan 200 KW sampai dengan 960 KW dengan toleransi 1% dan daya 0,25 Watt. Variabel bebas adalah pengukuran tegangan DC pada resistor tetap dengan menggunakan rangkaian penyangga. Sedangkan variabel terikat adalah hasil pengukuran tegangan DC pada resistor tetap. Teknik yang digunakan adalah teknik eksperimen, yaitu menganalisis ada tidaknya hubungan sebab akibat antara fenomena-fenomena dan untuk menarik hukum sebab-akibat.

Dari hasil eksperimen diperoleh data untuk kelompok eksperimen dengan nilai tegangan rata-rata 5,92 Volt dengan varians 0,6535 sedangkan untuk kelompok kontrol diperoleh nilai tegangan rata-rata 3,53 Volt dengan varians 0,0829. Melalui uji perbedaan rata-rata hasil pengukuran tegangan kelompok kontrol dan eksperimen pada taraf signifikansi 5% dengan teknik uji-t diperoleh thitung > ttabel (12,469 > 2,09), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa pada taraf signifikansi 5% ada perbedaan yang signifikan antara pengukuran tegangan DC pada resistor tetap yang menggunakan rangkaian penyangga dan yang tidak menggunakan rangkaian penyangga.

Pengukuran tegangan DC pada resistor tetap yang menggunakan rangkaian penyangga lebih mendekati nilai sebenarnya dari pada yang tidak menggunakan rangkaian penyangga. Dalam pengukuran tegangan listrik DC pada resistor tetap, disarankan manggunakan alat ukur yang memiliki ketelitian lebih besar dari 20 KW/Volt, agar persentase kekeliruan tidak semakin besar.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi