Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

76. Thermometer Digital Untuk Mengontrol Suhu Ruangan


ABSTRAK

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini sangat pesat, sehingga banyak bermunculan peralatan yang tidak lepas dari penggunaan alat listrik. Seiring itu pula diproduksi peralatan-peralatan yang yang berteknologi tinggi untuk pemakaian makin efektif dan efisien, dengan demikian makin sedikit membutuhkan tenaga manusia dan selebihnya digerakkan dengan kontrol listrik otomatis.Pesawat elektronika yang ada dipasaran ada yang analog, ada juga yang digital.

Sensor yang digunakan adalah sensor suhu yang berfungsi untuk mendeteksi suhu/temperatur. Komponen utamanya adalah IC LM 335Z merupakan tranduser yang dikemas dalam bentuk rangkaian terintegrasi yang tegangan keluarannya berbanding linier terhadap perubahan temperatur. Bentuk fisiknya seperti transistor mempunyai tiga kaki yaitu kaki anoda, katoda dan kaki kontrol. Isinya berupa zener yang peka (sensitive) pada temperatur. Keuntungan dari IC LM 335Z adalah mempunyai sensor temperatur yang linier kalibrasinya langsung dalam Celcius, sehingga tidak diperlukan tegangan konstan yang besar dari keluaran skala Celcius. Untuk penguat operasionalnya menggunakan IC type LF 356 dan untuk display seven segment menggunakan IC CA 3161E dan IC CA 3162E. Sedangkan fungsi relay adalah sebagai saklar otomatis untuk menghidupkan kipas angin.

Metode realisasi TA yang digunakan dalam thermometer digital untuk mengontrol suhu ruangan menggunakan sensor suhu adalah metode studi literatur dan uji laboratoris. Metode studi literatur adalah metode yang mempelajari dan mengumpulkan data-data dari referensi yang ada untuk pembuatan alat pada Tugas Akhir (TA). Sedangkan metode Uji laboratoris dilaksanakan tahap pra survey dimana didalam tahap ini dilakukan pengkajian tentang karakteristik komponen-komponen dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan alat pada Tugas Akhir (TA).

Berdasarkan hasil pengukuran, analisis hasil pengukuran dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa IC LM 335Z merupakan tranduser temperatur yang dikemas dalam bentuk rangkaian terintegrasi yang tegangan keluarannya berbanding linier terhadap perubahan temperatur.Kinerja alat termometer digital dapat membaca suhu yang ada disekitarnya dengan baik. Jangkauan penginderaan suhu atau temperatur dapat bekerja dengan baik tapi untuk menurunkan suhu dengan menggunakan kipas angin masih kurang tepat karena untuk menurunkan suhu kurang bekerja dengan baik dan alat ini lebih tepatnya diaplikasikan ke AC (Air Coundisioner) sedangkan kipas angin yang bisa dibuat aplikasinya hanya pada timer atau waktu untuk mengatur hidup dan mati kipas angin dengan mengatur waktunya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi