Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

209. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Pangudi Luhur Tarcisius Semarang


SARI

KInerja dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kepuasan kerja dan motivasi kerja. Tetapi kebenaran argumen perlu dibuktikan melalui penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana pengaruh antara kepuasan kerja terhadap kenerja guru, bagaimana pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan bagaimana pengaruh keduanya (kepuasan kerja dan motivasi kerja) terhadap kinerja guru di SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang bekerja di SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang yang berjumlah 32 orang. Karena jumlah populasi penelitiannya kurang dari 100 orang, maka penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian poulasi. Variabel yang diteliti yaitu kepuasan kerja sebagai variabel bebas I, motivasi kerja variabel bebas II, dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Data penelitian diambil menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan angket, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif persentase dan teknik analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Dari hasil olah data yang dilakukan diperoleh t hitung variabel bebas I = 2,614dengan probabilitas 0,014 < 0.05 yang berarti berpengaruh secara signifikan, t hitung variabel bebas II = 6,203 dengan probabilitas 0,00 < 0.05 yang berarti berpengaruh secara signifikan, sedangkan koefisien determinasi parsial dari masing-masing variabel bebas diperoleh r2 sebesar 0,664dan 0,336 yang menunjukkan bahwa pengaruh kepuasan kerja terhadap efisiensi kinerja guru sebesar 19,097 % dan pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 57.003 %.

Fhitung = 31,612 dengan probabilitas 0.000 < 0.05 yang berarti berpengaruh secara signifikan. Sedangkan koefisien determinasi simultan diperoleh R2 sebesar 0,664 yang menunjukkan pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja sebesar 66,4%, sedangkan sisanya sebesar 33,6% dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja guru, ada pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang. Oleh karena itu disarankan: Sehubungan dengan pentingnya pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang maka hal-hal berkaitan dengan motivasi kerja dan kepuasan kerja perlu lebih diperhatikan. Hal – hal itu antara lain bagaimana dengan sistem promosi. Selain itu para pegawai diberi kesempatan untuk mengaktualisasikan diri semaksimal mungkin. Berhubungan dengan kepuasan Kerja, maka untuk meningkatkan kinerja guru perlu untuk lebih meningkatkan kepuasan kerja bagi guru di SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang karena pada penelitian ini terbukti bahwa kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang positif terhadap kinerja guru. Kinerja guru, meskipun rata-rata cukup tinggi, masih perlu ditingkatkan. Dari beberapa cara yang perlu dilakukan, antara lain: mengadakan diklat-diklat yang berkaitan dengan bidang tugas para guru, untuk meningkatkan masing-masing keahliannya; memberikan penghargaan-penghargaan baik moril maupun materil kepada guru yang terlihat memiliki kinerja yang cukup tinggi.
Hasil penelitian ini bukan hanya dimanfaatkan pada SMK PL Tarcisius Semarang saja, tapi perlu dilakukan penelitian lanjutan agar dapat digeneralisasikan kepada unit-unit kerja lain untuk meningkatkan kemampuan daya saing (competitive), agar pada akhirnya dapat berdampak kepada peningkatan kualitas pelayanan publik.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi