Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

217. Peranan Lingkungan Kerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Karyawan Pada Pt Pln (Persero) P3b Region Jawa Tengah & Diy”


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Balakang Masalah
Dalam era globalisasi dan pasar bebas sekarang ini persaingan sangat tajam. Hal ini menuntut setiap pelaku ekonomi harus berusaha meningkatkan kinerjanya. Untuk itu manajemen perusahaan harus lebih dibenahi.Diantara unsur-unsur manajemen man, money, material, machine, dan market, unsur manusialah (man) yang paling menentukan keberhasilan suatu manajemen. Baik dari aspek kemampuan manajerial (manajerial know how) maupun kemampuan kepemimpinannya (leadership).

Di samping kepemimpinan faktor lain yang ikut menentukan keberhasilan suatu perusahaan adalah lingkungan kerja, karena lingkungan kerja dapat memberikan pengaruh yang besar dalam suatu proses produksi. Lingkungan kerja merupakan suatu lingkungan dimana para karyawan tersebut melaksanakan tugas dan kewajibannya sehari-hari (Agus Ahyari, 1986 : 128). Lingkungan kerja dapat berupa lingkungan fisik maupun nonfisik. Lingkungan fisik perusahaan meliputi keadaan penerangan, keadaan pertukaran udara dan tata ruangannya. Sedangkan lingkungan nonfisik meliputi suasana kerja, keamanan kerja dan lain-lain. Dengan lingkungan kerja yang baik dapat membuat karyawan merasa nyaman dan betah dalam bekerja, sehingga mendorong karyawan untuk lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Begitu juga sebaliknya lingkungan kerja yang tidak layak dan tidak sesuai dapat mengganggu kerja karyawan dalam bekerja.

Tata ruang kantor juga termasuk di dalam lingkungan kerja. Tata ruang yang baik akan mendukung peningkatan produktivitas karyawan. Tata ruang kantor merupakan suatu metode untuk membenahi dan menyusun alat-alat pembantu dan perlengkapan di dalam ruangan yangbertujuan untuk memberikan sarana bagi pekerja. Tata ruang kantor merupakan suatu segi yang paling dekat dengan pelaksanaan kerja pegawai sehari-hari. Dengan tata ruang kantor yang baik akan membantu mekanisme / arus pekerjaan berjalan lancar, ketentraman, kesenangan dan kegairahan kerja menjadi idaman setiap pegawai dan idaman itu bisa diperoleh jika penyusunan tata ruang kantor itu baik (Didi Wahyu Sudirman, 1981 : 59).

Adanya lingkungan kerja yang nyaman akan memberikan dorongan untuk bekerja dengan sungguh-sungguh kepada karyawan, sehingga dapat memberikan prestasi kerja terhadap pencapaian tujuan. Dengan demikian perusahaan akan tetap eksis dalam pengembangan usahanya. Dapat dikatakan bahwa lingkungan kerja yang baik akan mendukung produktivitas karyawan yang baik pula. Mengingat betapa pentingnya peranan lingkungan kerja untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan, maka penulis tertarik untuk
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi