Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

222. Pengaruh Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Sendiri Kabupaten Kebumen


SARI

Pendapatan Asli Daerah Sendiri adalah sumber penerimaan daerah yang digali dari dalam wilayah yang bersangkutan.Besarnya penerimaan daerah akan menjadi tolok ukur kinerja pemerintah dalam menghadapi sistem desentralisasi dan kesejahteraan masyarakat dengan kontraprestasi yang akan diperoleh. Oleh karena itu dalam penelitian ini, permasalahan yang diangkat adalah seberapa besar pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh pajak dan retribusi terhadap pendapatan asli daerah sendiri kabupaten Kebumen.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penerimaan Pendapatan Asli Daerah Sendiri kabupaten Kebumen. Data yang diambil adalah data time series dari tahun 2003- 2008, diperoleh data sebanyak 72 (data yang diuji 69 dan 3 data adalah data outlayer). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode dokumentasi yaitu mengambil data penerimaan Pendapatan Asli Daerah Sendiri (PADS) di Dinas pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset daerah kabupaten Kebumen . Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan menggunakan analisis SPSS 12.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pajak daerah dan retribusi daerah berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah Sendiri (PADS) kabupaten Kebumen baik secara parsial yaitu sebesar 29,05% untuk pajak daerah dan 61,94% untuk retribusi daerah,maupun secara simultan yaitu sebesar 72,1%. Pengaruh pajak dan retribusi yang cukup dominan dalam mendukung pendapatan asli daerah sendiri membuat pemerintah perlu untuk terus menggali dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki agar kesejahteraan masyarakat kian meningkat.

Kesimpualn dari penelitian ini adalah penambahan pajak dan retribusi akan menambah pendapatan asli daerah sendiri. Penerimaan dari pajak dan retribusi memiliki arti penting untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga pengelolaannya perlu untuk terus dijaga dan ditingkatkan agar memperoleh hasil yang maksimum. Saran untuk pemerintah kabupaten Kebumen, dalam perhitungan target sebaiknya jangan hanya menggunakan perhitungan 5% dari penerimaan, tetapi juga memperhatikan perhitungan secara matematis dengan menggunakan analisis trend.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi